Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Capcut Pada Materi Pernapasan Manusia
Abstract
Abstract: The aim of this development is to produce learning video products CapCut based on viable and attractive human breathing material for student use. The model used in this development research is the Borg and Gall model. The stages consist of introduction, planning, development, expert validation, revision, field trials, final revision. Instrument data collection in the form of a questionnaire. The questionnaire used is a validation questionnaire experts to assess product suitability and student questionnaires to see attractiveness product.Validation results obtained from video learningbased CapCut in the developed human respiratory material is expressed in the form< a i=12> percentage good, as well as in average. The results of field trials were also carried out and the results were presentedand categorized attractiveness. So hopefully you can produce video learning based CapCuton human breathing materials declared feasible and interesting.Tfeasibility of the learning video can be seen from the results validator assessment. From validation material expert with a result of 82%, media expert with a result of 92%, language expert with results 80%, and expert practitioners with results 86.7%, so it can be interpreted that video learning is declared very feasible, then from students through groups small group taken from 6 students with results of 89.3% and from the large group which is taken from all students with a result of 92.7% so it can be means that the learning video is very interesting.
Abstrak: Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk video pembelajaran berbasis CapCut pada materi pernapasan manusia yang layak dan menarik untuk digunakan siswa. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg and Gall. Tahapannya terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, revisi, uji coba lapangan, revisi akhir. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket yang di gunakan yaitu angket validasi ahli untuk penilaian kelayakan produk dan angket siswa untuk melihat kemenarikan produk. Hasil validasi yang diperoleh dari video pembelajaran berbasis CapCut pada materi pernapasan manusia yang dikembangkan dinyatakan dalam bentuk presentase baik, serta di rata-rata. Hasil uji coba lapangan juga dilakukan dan hasilnya dipresentasekan dan dikategorikan kemenarikan. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan video pembelajaran berbasis CapCut pada materi pernapasan manusia yang dinyatakan layak dan menarik. Kelayakan dari video pembelajaran dapat dilihat dari hasil penilaian validator. Dari validasi ahli materi dengan hasil 82%, ahli media dengan hasil 92%, ahli bahasa dengan hasil 80%, dan ahli praktisi dengan hasil 86,7%, sehingga dapat diartikan bahwa video pembelajaran dinyatakan sangat layak, kemudian dari siswa melalui kelompok kecil yang diambil dari 6 siswa dengan hasil 89,3% dan dari kelompok besar yaitu diambil dari keseluruhan siswa dengan hasil 92,7% sehingga dapat diartikan bahwa video pembelajaran sangat menarik.
Full Text:
PDFReferences
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
Areta, M. B., Anindita, R. V., Al Haikal, F., & Kurniati, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Masa Pandemi. Merpati: Media Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pos Indonesia, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.36618/merpati.v2i2.930
Azzahra, R. (2017). Analisis Pembuatan Video Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak 0leh Mahasiswa Kelas A Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Khairun Ternate. Widyabastra, 05(1), 8–14.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Candralaela, F., Jubaedah, Y., & Ningsih, M. P. (2017). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Peningkatan Kompetensi Pekerjaan Sosial Pada Peserta Didik Di Smkn 15 Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 82–92.
Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi CapCut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), Vol. VII, 1–10. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1332
Heny Kusumawati. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Edisi Revi). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mahendra, I. G. E. (2021). Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Siswa Berbasis “CINTA” Melalui SFH untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 290–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537
Maryanti, W. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama …, 1, 43–63. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-miskawaih/article/view/279
Nurfadhillah, S., Ramadani, F. C. T., Afianti, N. A., Huzaemah, & Erdian, A. E. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran Matematika di SD Negeri Poris Pelawad 3. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 333–343. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1266
Nurhamifam, S., Rhamdan, D., & Bua, M. T. (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 373–384. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/17650
Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & HS, E. F. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/6729/4324
Putri, M. Z. D., & Dafit, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V Sdit Al Madinah Dumai. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 180–192. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1647
Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press.
Rejeki, H. S., & Gunawan, G. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2), 218–232. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i2.1655
Rhamdan, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 12–21. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/12466
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Selvianovi, Y., & Winarto, W. (2021). Systematic Literature Review: Penggunaan Media Video Animasi Di Sekolah Dasar. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran …, 11(2). https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/822%0Ahttps://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/download/822/622
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Wildaiman, M., Tinenti, Y. R., & Boelan, E. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX IPA SMA PGRI Kupang. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 812–820.
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i1.20801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: