Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning Berbantuan Aplikasi Wingeom Pada Materi Geometri Bagi Siswa SD

Ni Made Astiti, Abdillah Abdillah, Juhni Azi

Abstract


Abstrak:  Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang selalu menarik untuk dikemukakan karena menuntut kreatifitas guru maupun siswa. Salah satu materi wajib untuk di pelajari di sekolah dasar adalah geometri, dimana dalam pembelajaran ini menuntut kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran dan memanfaatkan media agar dapat dipahami dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) berbantuan aplikasi Wingeom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada Materi bidang datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tahapan-tahapan penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai ketuntasan sebesar 88,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar  21,66% dari siklus I ke siklus II.

Abstract : In Elementary School, mathematics learning is always interesting to present because it demands creativity from both teachers and students. One of the compulsory subjects to be studied in elementary school is geometry, where this learning demands creativity from teachers in using teaching models and utilizing media for better understanding. The purpose of this research is to apply the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by the Wingeom application to improve the learning outcomes of fifth-grade elementary school students in the topic of plane geometry. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The stages of this research include (1) Planning, (2) Implementation, (3) Evaluation, and (4) Reflection. Based on the research results, it is shown that in Cycle I, the mastery percentage is 66.67%, while in Cycle II, the mastery rate is 88.33%. These results indicate that there has been an increase in student learning outcomes by 21.66% from Cycle I to Cycle II.


Keywords


Problem Basic Learning, Aplikasi Wingeom, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.23

Haerunnisa, N., Abdillah, Pramita, D., Mahsup, Mandailina, V., Syaharuddin, Anwar, Y. S., Sirajuddin, Sudarwo, R., & Anam, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 1(September).

Indarta, Y., Ambiyar, A., Rizal, F., Ranuharja, F., Samala, A. D., & Dewi, I. P. (2022). Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2721

Kabunggul, J., Pramita, D., Mandailina, V., Abdillah, A., Mahsup, M., & Sirajuddin, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2).

Mandailina, V. (2017). Peningkatan Kemampuan Perhitungan Matematika Anuitas Masyarakat Desa Ai Bukaq Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.15

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Nadila, D., Mandailina, V., Mahsup, M., Mehmood, S., Abdillah, A., & Syaharuddin, S. (2023). Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.2247

Negara, H. R. P., Syaharuddin, Ibrahim, M., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., Pramita, D., Abdillah, Mahsup, Ahmad, & Saddam. (2020). Acceleration analysis of population growth using winter’s method: case study of lombok island. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012046

Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, & Syaharuddin. (2022). Measuring the Difficulty Level of Mathematical Problems Based on Polya Criteria. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 595–607. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46316

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Sanwidi, A. (2020). Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4). https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.548

Sudarmono, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Menengah, S. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sutrisno, A. B., & Atira, A. (2020). Keefektifan Penggunaan Aplikasi Wingeom Dalam Pemaparan Materi Pelajaran Dimensi Tiga. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.70

Syifa, N. L. A. (2022). Masalah dalam Dunia Inovasi Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1).

Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk …. Jurnal Pemikiran Dan …, 4(2).

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3).




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i1.20914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: