Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan di Kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru

Rudi Siregar, Putri Wisda Yunanda

Abstract


Abstract:  The purpose of this research is to produce Student Worksheets (LKPD) based on Problem Based Learning (PBL) fraction material that is feasible, practical, and effective. The research method used in this research is research and development (Research & Development) with the research model using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of this study indicate that Student Worksheets (LKPD) are very feasible, practical and effective to use. This is reinforced by the assessment of material experts obtaining a percentage of 90%, LKPD design experts obtaining 87% in the ''Very Eligible'' category and Education practitioner experts obtaining a percentage of 93% in the ''Very Practical'' category. So it can be concluded that Student Worksheets (LKPD) Based on Problem Based Learning (PBL) are very feasible, practical and effective for use in classroom learning.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi pecahan yang layak, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development)  dengan model penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat layak, praktis dan efektif digunakan. Hal ini diperkuat dengan penilaian dari ahli materi memperoleh presentase 90%, ahli desain LKPD memperoleh 87% dengan kategori ‘’Sangat Layak’’ dan ahli praktisi Pendidikan memperoleh presentase 93% dengan kategori ‘’ Sangat Praktis’’. Maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.          


Keywords


Student Worksheets; Problem Based Learning; Fraction

Full Text:

PDF

References


Ananda, Lala Jelita, Fahrur Rozi, Akden Simanihuruk, Elvi Mailani. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Pada Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. School Education Journal PGSD FIP UNIMED. vol 7.

Astuti, Sri. dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Keseimbangan Kimia. Jurnal Chemistry Education.

Dinda.dkk. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Education. Vo. 5.

Dkk, Komalasari. N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Matematika Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Vol 6.

Dkk, Novriani. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD. Jurnal Innovative : Journal OF Social Cience Research. Vol 2.

Effendi, R., Herpratiwi & Sugeng, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5(2), 920-929.

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Andi. Dkk. (2018). Metodologi Penelitian . Jawa Barat: Gunadarma Ilmu.

Isrok'atun, Amelia Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Komalasari, N. Dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Matematika Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Vol 6.

Lestari, Yuni Wana. Dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 11.

Mailani, Elvi. (2021). Pembelajaran Matematika SD Integrasi Kearifan Lokal Sumatera Utara. Journal Elementary School. Vol 11.

Mailani, Elvi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal Elementary School. Vol 10.

Mailani, Elvi. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Elementary School Journal. Vol 4.

Miftahul, Huda. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munawaroh, N & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen. Vol. 5(2), 167.

Novitasary, Resty Adelia. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD TARUNA BANGSA Melalui Pendekatan Problem Based Learning Tahun Ajaran 2017/ 2018. Jurnal Handayani. Vol 7.

Nurhapidah. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Live Worksheet Materi Bangun Datar Dikelas IV SDN 04 Panai Hilir T.A 2020/2021. Skripsi : Universitas Negeri Medan.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta : Diva Pres.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu . Yogyakarta : Prenada Media Group.

Priatna, Nanang. (2018). Pembelajaran Matematika . Bandung : PT Remaja Rosdakarya .

Pustaka, Tim Masmedia Buana. (2021). Metode Belajar Praktis Matematika Untuk SD/MI Kelas V. Sidoarjo: PT Masmedia Buana Pustaka.

Rozi, Fahrur. dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis EDMODO Pada Mata Kuliah IPA SD Kelas Tinggi Mahasiswa Prodi PGSD FIP Unimed. ESJ (Elementary School Journal). Vol 9.

Sari, Kencana Dian. Dkk. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1.

Sari, R.M. dan dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Repsentasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Formatif. No.11, Hal.66-67.

Sary, Hanizar. (2019). Pengembangan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Realistik. School Education Journal. Vol. 9.

Simanjuntak, Eva Betty, dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Menggunakan 3D Pageflip Professional Tema 8 Kelas IV SDN 173538 Tampubolon Balige. School Education Journal. Vol. 12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yosita. (2019). Pengambangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi. Lampung : Program S1 Universitas Islam Negeri Raden Intan.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.25354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: