Pengembangan E-modul Interaktif Mata Pelajaran Project Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Program Keahlian Desain Komunikasi Visual
Abstract
Abstract: The aim of this research was to produce an interactive e-module in packaging and product design material at SMK Negeri 1 Guguk class XI Visual Communication Design Skills Program in Creative Project and Entrepreneurship subjects. This research uses the Research and Development method with the development model used in this research being the ADDIE model. The subjects involved in the Creative Project and Entrepreneurship subjects in the 2023/2024 academic year amounted to 29 students and 3 teachers. This research instrument is a validity instrument using a validity questionnaire with 4 validators. The validity assessment includes 3 people as media expert validators and 1 person as material expert validator. Based on the media validity results, validation results were obtained at 84.35% in the "Very Valid" category. Material validity results were obtained at 91.11% in the "Very Valid" category. So it can be concluded that the interactive E-module for creative and entrepreneurship project subjects in terms of validity is "Very Valid". Based on the practicality results, the teacher got a score of 90.27% in the "Very Practical" category and the student's practicality score was 82.31% in the "Very Practical" category.
Abstrak: Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan E-modul Interaktif dalam materi Desain Kemasan dan Produk di SMK Negeri 1 Guguk kelas XI Program Keahlian Desain Komunikasi Visual pada mata pelajaran Project Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE. Subjek terlibat dalam mata pelajaran Project Kreatif dan Kewirausahaan pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 29 orang siswa dan 3 orang guru. Instrumen penelitian ini adalah instrumen validitas menggunakan angket validitas dengan 4 orang validator. Penilaian validitas memuat 3 orang untuk validator ahli media dan 1 orang untuk validator ahli materi. Berdasarkan hasil validitas media didapatkan hasil validasi sebesar 84,35% dengan kategori “Sangat Valid”, Validitas materi didapatkan hasil validasi sebesar 91,11% dengan kategori “Sangat Valid”. Maka dapat disimpulkan E-modul interaktif mata pelajaran project kreatif dan kewirausahaan dilihat dari segi validitas adalah “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 90,27% denghan kategori “Sangat Praktis” dan praktikalitas siswa didapatkan nilai sebesar 82,31% dengan kategori “Sangat Praktis”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisy, D. R., & Andriani, S. (n.d.). Pengembangan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saitifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel ( SPLDV ). 8(1), 61–71.
Antonius, A., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Pengembangan E-modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif Untuk Siswa Smk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1090–1102. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1347
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Audia, M. (2019). Pengembangan Media E-Book Dengan Bantuan Sigil Software untuk Kelas VII MTS Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung pada Mata Pelajaran Fiqih. 111. http://repository.radenintan.ac.id/8416/1/Skripsi Miranda.pdf
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Materi Teknik Dasar Tenda. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 5(2), 12–18.
Dwitya, K., Sujaya, A., Dwi Herlambang, A., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran e-modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang. 7(4), 2001–2009. http://j-ptiik.ub.ac.id
Fitriyani, Sholeh Hidayat, I. R. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Digital Flipbook Pada Materi Siklus Air Di Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 116–124. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Islami, B., Era, D. I., Farahin, N., Laraphaty, R., Riswanda, J., & Anggun, D. P. (2021). Review : pengembangan media pembelajaran modul elektronik ( E-modul ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2021, 145–156.
Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57
Khoirudin, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403
Khairunnisa, Akbar, M. R., Usanto, Ningtyas, S., Aziz, F., Sepriano, et al. (2023). Multimedia: Teori dan aplikasi dalam dunia pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Liana, Y. rima, Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. In Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
N. Simbolon, I.K. Suartama, & L.P.P. Mahadewi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476
Ramadani, N. (2021). Pengembangan E-modul Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Web. 02(01), 22–26.
Riduwan, 2019.pdf. (n.d.).
Rohmah, E. F., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Fisika berbasis Saintifik Menggunakan Software Sigil pada Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 12(2), 89. https://doi.org/10.20961/jmpf.v12i2.50125
Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding Samasta), 1–6.
Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan E-modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66–80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/index
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.26153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: