Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi OLX Menggunakan Metode Design Thinking

Azril Maldini, Nur Lutfiyana

Abstract


Abstract:  Ayracosmic Perfume is one of the shops that sell perfume in a conventional way. This of course can hinder business development and sales so that it will affect the profits obtained. The purpose of this study is to help the Ayracosmic Perfume store in changing conventional sales techniques into e-commerce by building a user-friendly sales application so that it is expected to have a positive impact on business development and increasing profits. The method in designing the application used is agile development with a scrum framework that makes it easy to develop applications because it has a systematic framework. The results of the research conducted are the implementation of a sales application that is expected to be able to improve the performance of the Ayracosmic Perfume store which will be widely known and can increase sales turnover and profits significantly.

Abstrak: Ayracosmic Perfume merupakan salah satu toko yang menjual parfum dengan cara konvensional. Hal ini tentu saja dapat menghambat dalam pengembangan usaha dan penjualan sehingga akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu toko Ayracosmic Perfume dalam mengubah teknik penjualan konvensional menjadi e-commerce dengan membangun sebuah aplikasi penjualan yang user friendly sehingga diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan usaha dan peningkatan keuntungan. Metode dalam perancangan aplikasi yang digunakan adalah agile development dengan framework scrum yang memudahkan dalam pengembangan aplikasi karena memiliki kerangka kerja yang tersusun secara sistematis. Hasil penelitian yang dilakukan adalah penerapan aplikasi penjualan yang diharapkan mampu meningkatkan performa toko Ayracosmic Perfume yang akan dikenal secara luas serta dapat meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan secara signifikan.


Keywords


Aplikasi OLX; Metode Design Thinking; UI/UX

Full Text:

PDF

References


Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91.

Komariah, N., & Lutfiyana, N. (2023). Perancangan Ui Menggunakan Metode Design Thinking Pada Sensus Upt Pajak Wilayah Ciomas Berbasis Mobile. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 8(2), 207. https://doi.org/10.51211/isbi.v8i2.2662

Metode, M., Thinking, D., Cv, P., & Ban, M. (2023). Analisa Dan Perancangan UI / UX APLIKASI PENJUALAN. 9(1), 46–53.

Rosiana, P. S., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3), 246–253. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3048

Setiadi, A. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor. Automata, 1(2), 228–233.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.26165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: