Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi SPLTV di Fase E
Abstract
Abstract: This research was motivated by the lack of supporting teaching materials that were in accordance with the demands of the independent curriculum, the low level of activity, involvement and independence of students in the learning process at SMA Negeri 4 Sijunjung. The aim of this research is to produce E-LKPD based on Problem Based Learning on SPLTV material in Phase E of SMA Negeri 4 Sijunjung that is valid and practical. The type of research used is research and development (R&D) with the development model used is ADDIE. Based on the results of the validity of the E-LKPD carried out by material expert validators and media experts, the results obtained were 85.8% validity of the E-LKPD in the very valid category. The practicality score with educators was 88% in the very practical category and the practicality score carried out by students was 83.75% in the very practical category. Based on the research results, it can be concluded that E-LKPD based on Problem Based Learning on SPLTV material is declared valid and practical for use by teachers and students in the e phase of SMA Negeri 4 Sijunjung.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya bahan ajar pendukung yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka, rendahnya keaktifan, keterlibatan serta kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi SPLTV di Fase E SMA Negeri 4 Sijunjung yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Berdasarkan hasil validitas E-LKPD yang dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media diperoleh hasil 85,8 % kevalidan E-LKPD dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas dengan pendidik didapatkan sebesar 88% denagan kategori sanggat praktis dan nilai praktikalitas yang dilakukan oleh peserta didik didapatkan hasil sebesar 83,75% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi SPLTV dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik di fase e SMA Negeri 4 Sijunjung.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdillah, Ambarini, T., Muhammad Fadli Rinaldi, R., Izzati, N., & Dwi Putri, N. (2023). Pengembangan Lkpd Elekronik Interaktif Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Peluang Kelas X. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 20.
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Anggoro, F. D. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Wizer.Me Materi Teks Cerita Fantasi Kelas VII. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(3), 80–91.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Hayu Kumarawati, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Spldv Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Geogebra Untuk Siswa Kelas Viii Smp. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 126. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.417
Mawaddah, S. L. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Teknologi Pada Proses Pengajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 74–81. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i4.1923
Mufangati, U., & Juarsa, O. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Smp. TRIADIK, 17(1), 44–50. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.44-50
Nilam, N. et al. (2023). Meta-analisis Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 4(2), 69. https://doi.org/10.26418/edunaturalia.v4i2.65774
Oktaviani, F. et al. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Wizer.Me Pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(03), 637–648. https://doi.org/2477-2143
Putri, Y. E. et al. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Statistika Di Sma Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.313
Riduwan, 2010.pdf. (n.d.).
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.
Safitri, W. et al. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan.
Sholihah, A. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Laju Reaksi di MA Darul Hikam. 154.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono. Alfabeta, Cv, 458.
Sumarmi. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. 1(1), 94–103. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844
Welli, A. P., Alfitriani, A., & Darman, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Berbasis Android. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(2), 63–69. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.261
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.26340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: