Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Nadia Putri, Haris Kurniawan, Rahayu Trisetyowati Untari

Abstract


Abstract:  The aim of this research is to produce web-based learning media on the basic subjects of computer network engineering and telecommunications at SMK Negeri 1 Ampek Angkek that are valid and practical. The type of research used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model which consists of several stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects used in this research were 37 students in class X TKJ. Meanwhile, the instruments in this research used questionnaire validation sheets by media experts and material experts as well as practicality questionnaires by teachers and students.The results of the research show that the results of the expert validity of web-based learning media obtained a score of 83.10% in the very valid category, while for the validity of the material expert the score was 89.06% in the very valid category. Meanwhile, for the practicality level, teachers got a score of 90.10% in the very practical category and for the practicality level, students got a score of 83,25% in the very practical category. Based on this data, it can be concluded that web-based learning media is suitable for use in the learning process.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengehasilkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi di SMK Negeri 1 Ampek Angkek yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysi, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Sebjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ yang berjumlah 37 siswa. Sementara instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar validasi angket oleh ahli media dan ahli materi serta angket praktikalitas oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari validitas ahli media pembelajaran berbasis web memperoleh nilai sebesar 83,10% dengan kategori sangat valid sedangkan untuk validitas ahli materi memperoleh nilai sebesar 89,06% dengan kategori sangat valid. Sementara untuk tingkat praktikalitas guru memperoleh nilai sebesar 90,10% dengan kategori sangat praktis dan untuk tingkat praktikalitas siswa memperoleh nilai sebesar 83,25% dengan kategori sangat praktis.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Web; Google Sites

Full Text:

PDF

References


Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Dianawati, I. A., & Saputra, I. N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belaja peserta didik pada kelas XII SMK. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Hutabri, E. (2022). Validitas Media Pembelajaran Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Vol. 4). Validitas Media Pembelajaran Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. https://forum.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5363

Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469

Kurniawan, H., Darman, R. A., & Devegi, M. (2023). Implementasi Aplikasi Web Based Learning Dengan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 460–469. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1119

Mahardika, I. K., Subuki, S., Putri, A. A. W., Syahdilla, M. I., & Nisa, R. K. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Google Sites Pada Materi Hukum Newton Di SMA Islam Al-Hidayah Jember. Khazanah Pendidikan, 16(2), 80. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13880

Peprizal, P., & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28217

Permadi, U. N., & Huda, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378

Pertiwi, E., & Irfan, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Painan. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(2), 202–208. https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i2.2735

Prawesti, A. D. D., Mary, T., & Kurniawan, H. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pembelajaran Pemrograman Dasar. JURTEII: Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.22202/jurteii.2022.6290

Saputra, A., Rini, F., & Mary, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Wide Area Network (WAN) Kelas XI TJKT. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(4), 877–888. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i4.877-888

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.26371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: