Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to analyze the use of the Problem Based Learning (PBL) learning model in learning can improve the learning outcomes of Mathematics for elementary school students. The research uses the meta-analysis method. Data collection was carried out by browsing electronic journals through google scholar and documentation studies in the library. Research data sources from 12 journals. Data analysis was carried out in a qualitative description. The results of the study show that the application of the Problem Based Learning model has a positive influence on improving student learning outcomes. This is marked by an increase in learning outcomes before and after the implementation of the Problem Based Learning model
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SD. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melaluigoogle scholardan studi dokumentasi di perpustakaan. Sumber data penelitian dari 12 jurnal. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif. Hasil penelitian bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no 2.a6563
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611 Destri Astrianingsih. (2021). Analisis Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan). https://doi.org/10.54438/tulip.v10i1.182
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Hasanah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Elektrolisis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan.
https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313 Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023).
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
M. Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136
Mariati, N. L. D. W., & Hajar, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29604
Marlina, P., Sunaryo, Y., & Zamnah, L. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.25157/j- kip.v4i1.8855
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Murtihapsari, M., Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14050
Nazilatul Mukhlisoh, F., Holisin, I., & Kristanti, F. (2023). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education and Teaching (JET). https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.208
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
RIZKAH, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH). https://doi.org/10.61116/jiih.v1i2.168
Sagita, N., & Ikashaum, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.955
Salsabella, E. soraya P., Zulkarnain, I., & Budiarti, I. (2023). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.14143
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Vicratina : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.
Susino, S. A., Destiniar, D., & Sari, E. F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2918
Syamsinar, S., K, G., Asmawati, A., & Ahmad, A. K. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.71
TRYANNI, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran. https://doi.org/10.51878/educational.v2i4.1821
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Wulandari, A., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424
Yeni Widiawati, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
Zulkarnain, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PTK: Jurnal Tindakan Kelas. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i4.27995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: