Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Batukliang

Hasanah Hasanah

Abstract


Abstract:  The purpose of this study was to determine the effect of pakem learning models on students' learning achievements in mathematics subjects, the subject matter of linear equations one variable in grade VII SMPN 4 Batukliang.  This research uses a quantitative approach. The type of research used is Class Action Research (PTK). The population in this study was 190 students of SMPN 4 Batukliang. The instruments used in this research are about tests, observations and documentation. The analysis used is statistical data analysis with average different test using t-test. The results of the study obtained a score of t_ (calculate ) of 7.59, while the value of t_tabel of 2,000 with dk = 59 and the level of significance of 0.05 this indicates that Ho was rejected and Ha was accepted so that it can be concluded that there is an influence of PAKEM learning model on student learning achievement in mathematics subjects linear equations one variable in grade VII SMPN 4 Batukliang

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok persamaan linier satu variable di kelas VII SMPN 4 Batukliang.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun populasi dalam  penelitian  ini  yaitu  siswa SMPN 4 Batukliang sebanyak 190 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data statistik dengan uji beda rata-rata menggunakan uji- t. Hasil penelitian diperoleh nilai sebesar 7,59, sedangkan nilai  sebesar 2,000 dengan dk=59 dan taraf signifikansi 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok persamaan linier satu variabel di kelas VII SMPN 4 Batukliang

Keywords


Pengaruh; Pakem; Prestasi Belajar

Full Text:

Download (PDF)

References


Adriyanto, Dewi Pramita, Abdillah, Syaharuddin, Mahsup, Eka Fitriani. 2019. “Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(1): 01–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3535/pdf.

Aribawati, D, F Kristin, and ... 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 SD.” Justek| Jurnal Sains & ….

Arikunto. 2019. “Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.” In Rineka Cipta, Jakarta, , 21.

Arta Diantoro, Syaiful Barsa, Mahsup Mahsup, and Dewi Pramita. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP.” Paedagoria | FKIP UMMat 10(1): 01.

Astiti, N M A. 2019. “Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Menciptakan Suasana PAKEM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama.

Eka Fitriani, Mahsup. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 1(2): 01–08. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3541.

Jumairi, J. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Dongeng Melalui Metode Pakem Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 5 Tenggarong.” Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Jumairi, NFN. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Menulis Cerita Fantasi Dengan Menggunakan Metode Pakem Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 5 Tenggarong Tahun Pelajaran 2018/2019.” LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan 14(1): 21.

Kabunggul, Yosua et al. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media ….” Jurnal Pendidikan Karakter 3(2): 3–6.

Mahsup, and Y. S. Anwar. 2020. “Development of Structured Modules to Improve the Mathematical Understanding of the Circle Concept in Class VIII Mataram 17 Junior High School.” In Journal of Physics: Conference Series,.

Mahsup, Abdillah, Syaharuddin. 2018. “Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa.” Paedagoria 9(2): 91–96. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/871.

Mahsup, Mahsup. 2011. “Penerapan Stategi Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” βeta 4(2): 120–32. file:///C:/Users/Mahsup/Downloads/document (1).pdf.

———. 2018. “Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear.” Jurnal Ulul Albab 22(2).

Mahsup, Mahsup, Abdillah Abdillah, and Vera Mandailina. 2019. “Tri Out Ujian Nasional Dan Pembahasanya Pada Soal Matematika Siswa Kelas IX MTS Daarusy Syifaa Tirtanadi Lombok Timur.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 3(1): 12.

Mahsup, Sintayana Muhardini. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 21 Mataram.” Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia: 301–9.

Muhardini, Sintayana et al. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara Untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(2): 284.

Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, Syaharuddin. 2019. “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(2): 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3533.

Nurfiati, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, Abdillah. 2020. “Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 3(1): 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3509.

Puspita, M, S Slameto, and ... 2018. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Justek| Jurnal Sains & ….

Putra, Hermanus Iwan, and Anton Nasrullah. 2017. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Ditinjau Dari Hasil Belajar.” Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5(2): 131.

Rahmatin, Nutia, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin, and Mahsup Mahsup. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3(1): 27.

Setyowati, Endah, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07.” JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi 1(1): 76–81.

Sugiyono. 2013. “Buku - Sugiyono.” In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, Dan R & D, , 407.

Suherman, Ayi. 2010. “Model Pembelajaran Pakem Dalam Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11(1): 131–41.

Syaharuddin, Syaharuddin et al. 2020. “Penelusuran Referensi Berbasis Digital Sebagai Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir.” Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3(2): 151.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: