Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan
Abstract
Abstrak: Laboratorium merupakan salah satu sumber belajar dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanakah urgensi laboratorium sebagai media pembelajaran dan bagaimanakah peluang dan tantangan laboratorium virtual sebagai sebuah pedagogical framework overview. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan kajian mengenai hal ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah laboratorium sebagai tempat kegiatan yang dibutuhkan dalam praktek, seringkali dijadikan standar kesuksesan mahasiswa. Laboratorium virtual mempunyai dampak signifikan dalam hal mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata, juga penghematan biaya pengadaan dan perawatan alat, fleksibilitas lokasi, waktu belajar dan praktek.
Keywords
Full Text:
Download (PDF)References
Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
Bogdan, Robert and Steven J. Taylor. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods, New York.
Chin, G., Myers, J., & Hoyt, D. (2002). Social networks in the virtual science laboratory. Communications of the ACM, 45(8), 87–92. https://doi.org/10.1145/545151.545156
Creswell, John W. (2007). Qualitatif Inquiry and Research Design: Chosing Among Five Approaches, Second Edition, London: Sage Publications.
Damayanti, Anti, & Isma Kurniatanty. (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium Prodi Biologi, Fakultas Saintek, UIN SUKA: Yogyakarta.
Emha, Saleh H., dkk. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Granado, E., Colmenares, W., Strefezza, M., & Alonso, A. (2007). A web-based virtual laboratory for teaching automatic control. Computer Applications in Engineering Education, 15(2), 192–197. https://doi.org/10.1002/cae.20111.
Grimaldi, D., & Rapuano, S. (2009). Hardware and software to design virtual laboratory for education in instrumentation and measurement. Measurement: Journal of the International Measurement Confederation, Vol. 42, pp. 485–493. https://doi.org/10.1016/j.measurement.2008.09.003
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Jaya, Hendra, et.al. (2020). Praktek Simulasi Berbasis Websit, tn: Edukasi Mitra Grafika.
Koesmaji, W, dkk. (2004). Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.
Mustaji. (2015). Laboratorium: Perspektif Teknologi Pembelajaran. Workshop Penyusunan Panduan Penggunaan Laboratorium di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Nirwana, R. R. (2017). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dan E-Reference Dalam Proses Pembelajaran Dan Penelitian Ilmu Kimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 115. https://doi.org/10.21580/phen.2011.1.1.447
Nuryani, R. (2004). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Lampeter. Gary R. Bunt. (2005). Islam Virtual: Menjelajah Islam di Jagad Maya, terj Suharsono. Yogyakarta: Suluh Press.
“Pemodelan Laboratorium Virtual Sains.” DOI: 10.13140/RG.2.2.10990.61767. https://www.researchgate.net/publication/314434868_ Pemodelan_Laboratorium_Vir
tual_Sains
Murtadlo, M. (2020). Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Berbasis Lab Virtual.
Riyadi, A. (2019). Desain Pengembangan Laboratorium Dakwah: Studi Kasus UIN Walisongo Semarang. Jurnal Komunikasi Islam, 09(2).
Riyana, Cepi. (2017). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/242646955
Sulton, M. (2020). Laboratorium Virtual: Reformulasi Fungsi Laboratorium dakwah bagi Peningkatan Mutu Akademik dan Riset n.
Thoha. (2020). PhET Aplication Program: Strategi Menguatkan Pemahaman Siswa pada Materi Listrik DC melalui Pembelajaran Berbantu Lab Virtual. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 157–169. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-04
Wahab, A. (2020). International Webinar Faculty Of Da’wa And Communication.
Wahab. et al. (2010). “EEG Signals for Emotion Recognition”. Journal of Computational Methods in Sciences and Engineering.
Wolf, T. (2010). Assessing student learning in a virtual laboratory environment. IEEE Transactions on Education, 53(2), 216–222. https://doi.org/10.1109/TE.2008.2012114
Wibawanto, Wandah. (2020). Laboratorium Virtual: Konsep dan Pengembangan Simulasi Fisika. Penerbit: LPPM UNNES.
Wikipedia. (2018). “Virtual Laboratory,” https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_Laboratory
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: