Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan

Kurnia Muhajarah, Moh. Sulthon

Abstract


Abstract: Laboratory is a learning resource and learning media. The purpose of this research is what is the urgency of the laboratory as a learning medium and what are the opportunities and challenges of the virtual laboratory as a pedagogical framework overview. Therefore, researchers are interested in conducting studies on this matter. This research uses library research and is qualitative in nature. The result of this research is a laboratory as a place for activities that are needed in practice, which is often used as a standard for student success. Virtual laboratories have a significant impact in terms of preparing students for real-world experiences, as well as savings in equipment procurement and maintenance costs, flexibility in location, study time and practical use 

Abstrak: Laboratorium merupakan salah satu sumber belajar dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanakah urgensi laboratorium sebagai media pembelajaran dan bagaimanakah peluang dan tantangan laboratorium virtual sebagai sebuah pedagogical framework overview. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan kajian mengenai hal ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah laboratorium sebagai tempat kegiatan yang dibutuhkan dalam praktek, seringkali dijadikan standar kesuksesan mahasiswa. Laboratorium virtual mempunyai dampak signifikan dalam hal mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata, juga penghematan biaya pengadaan dan perawatan alat, fleksibilitas lokasi, waktu belajar dan praktek.


Keywords


Laboratorium, Laboratorium Virtual, Media Pembelajaran

Full Text:

Download (PDF)

References


Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.

Bogdan, Robert and Steven J. Taylor. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods, New York.

Chin, G., Myers, J., & Hoyt, D. (2002). Social networks in the virtual science laboratory. Communications of the ACM, 45(8), 87–92. https://doi.org/10.1145/545151.545156

Creswell, John W. (2007). Qualitatif Inquiry and Research Design: Chosing Among Five Approaches, Second Edition, London: Sage Publications.

Damayanti, Anti, & Isma Kurniatanty. (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium Prodi Biologi, Fakultas Saintek, UIN SUKA: Yogyakarta.

Emha, Saleh H., dkk. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Granado, E., Colmenares, W., Strefezza, M., & Alonso, A. (2007). A web-based virtual laboratory for teaching automatic control. Computer Applications in Engineering Education, 15(2), 192–197. https://doi.org/10.1002/cae.20111.

Grimaldi, D., & Rapuano, S. (2009). Hardware and software to design virtual laboratory for education in instrumentation and measurement. Measurement: Journal of the International Measurement Confederation, Vol. 42, pp. 485–493. https://doi.org/10.1016/j.measurement.2008.09.003

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242

Jaya, Hendra, et.al. (2020). Praktek Simulasi Berbasis Websit, tn: Edukasi Mitra Grafika.

Koesmaji, W, dkk. (2004). Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Mustaji. (2015). Laboratorium: Perspektif Teknologi Pembelajaran. Workshop Penyusunan Panduan Penggunaan Laboratorium di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Nirwana, R. R. (2017). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dan E-Reference Dalam Proses Pembelajaran Dan Penelitian Ilmu Kimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 115. https://doi.org/10.21580/phen.2011.1.1.447

Nuryani, R. (2004). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Lampeter. Gary R. Bunt. (2005). Islam Virtual: Menjelajah Islam di Jagad Maya, terj Suharsono. Yogyakarta: Suluh Press.

“Pemodelan Laboratorium Virtual Sains.” DOI: 10.13140/RG.2.2.10990.61767. https://www.researchgate.net/publication/314434868_ Pemodelan_Laboratorium_Vir

tual_Sains

Murtadlo, M. (2020). Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Berbasis Lab Virtual.

Riyadi, A. (2019). Desain Pengembangan Laboratorium Dakwah: Studi Kasus UIN Walisongo Semarang. Jurnal Komunikasi Islam, 09(2).

Riyana, Cepi. (2017). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/242646955

Sulton, M. (2020). Laboratorium Virtual: Reformulasi Fungsi Laboratorium dakwah bagi Peningkatan Mutu Akademik dan Riset n.

Thoha. (2020). PhET Aplication Program: Strategi Menguatkan Pemahaman Siswa pada Materi Listrik DC melalui Pembelajaran Berbantu Lab Virtual. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 157–169. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-04

Wahab, A. (2020). International Webinar Faculty Of Da’wa And Communication.

Wahab. et al. (2010). “EEG Signals for Emotion Recognition”. Journal of Computational Methods in Sciences and Engineering.

Wolf, T. (2010). Assessing student learning in a virtual laboratory environment. IEEE Transactions on Education, 53(2), 216–222. https://doi.org/10.1109/TE.2008.2012114

Wibawanto, Wandah. (2020). Laboratorium Virtual: Konsep dan Pengembangan Simulasi Fisika. Penerbit: LPPM UNNES.

Wikipedia. (2018). “Virtual Laboratory,” https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_Laboratory




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: