Penerapan Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi

Susi Alawiyah

Abstract


Abstract:  This study aims to determine the effect of implementing the PQ4R learning strategy on reading comprehension skills of explanatory text. This research was conducted at SMK N 5 Tangerang Regency. The population in this study were all students of SMK N 5 Tangerang Regency. The sample of this study were students of grade 12 TBSM 1 and grade 12 TBSM 2. The approach used in this study was a quantitative approach. This research design uses a control group pretest-posttest design so it requires a control group and an experimental group. The results of this study indicate that the average increase in the application of the PQ4R learning strategy is 25.71 while the average increase in the conventional learning strategy is 15.87. This means that the application of the PQ4R strategy can improve students' reading comprehension skills of explanatory text more effectively when compared to conventional learning strategies at SMK N 5 Tangerang Regency.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ekplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 12 TBSM 1 dan kelas 12 TBSM 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain control group pretest-postest design sehingga memerlukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan rata-rata penerapan strategi pembelajaran PQ4R adalah 25.71 sedangkan kenaikan rata-rata strategi pembelajaran konvensional sebesar 15.87. Artinya penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi peserta didik lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional di SMK N 5 Kabupaten Tangerang.

Keywords


Preview Question Read Reflect Recite Review; Teks Eksplanasi

Full Text:

Download (PDF)

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Aminudin. (2010). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algendindo.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. In Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dwi Eka Martina, Iskandar As, and Y. (2018). The Effect of Using PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Strategy on EFL Students’ Reading Comprehension Achievement. Research in English and Education (READ), 3(1), 17–24.

Hamzah B Uno. (2014). Model Pembelajaran. Menciptakan proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara. Bandung: Bumi AKsara.

Henry Guntur Tarigan. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hesti Indah Mifta Nur’aini, Kundharu Saddhono, C. U. (2015). ( Studi Kasus Di Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar ) Hesti Indah Mifta Nur’ aini , Kundharu Saddhono , Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret Kurikulum adalah salah satu penentu laju perkembangan serta kemajuan pendidikan. Indonesia hingga tahun 2013 tela. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya Volume 3 Nomor 3, Agustus 2015, ISSN I2302-6405, 3.

Khanifatul. (2012). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. In Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 02(2002), 75–86.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saddhono, K. (2012). Kajian Sosiolinguistik Pemakai Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA). Kajian Linguistik Dan Sastra, 24(2), 176–186. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/96/92

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. In (akarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 102–110.

Wassid, I. dan D. S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandari, Y., Suryanto, E., & Saddhono, K. (2015). Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(2), 54514.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: