Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: The low ability of students in solving math problems illustrates the low ability of students in critical thinking. So this research aims to determine the impact of a realistic approach to mathematics education on students' critical thinking abilities. This research is a quasi experimental study with the type of non-equivalent control group design. The research subjects were 29 elementary school students. The results showed t-hitung=6.52 and t-tabel = 1.69092 where t_hitung is greater than the ttabel so that there is a positive influence of the use of Realistic Mathematics Education on the thinking skills of elementary school students, especially in mathematics learning
Abstrak: Rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggambarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik pendidikan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan jenis desain non-equivalent control group. Subjek penelitian adalah 29 siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan dan = 1,69092 dimana lebih besar dari pada sehingga ada pengaruh positif penggunaan Pendidikan Matematika Realistik terhadap keterampilan berpikir siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran matematikaKeywords
Full Text:
Download (PDF)References
Anwar, M., & Puspita, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia. Seminar Nasional “Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-An,” November, 186–199. https://www.researchgate.net/publication/329164521_ANALISIS_KETERAMPILAN_BERPIKIR_TINGKAT_TINGGI_SISWA_SD_IT_ADZKIA/link/5bf9186ea6fdcc538816c2e8/download
Asih, A. K. E. B. I. & C. S. (2017). Penerapan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(4), 524–530. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8787
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p014
Cottrell, S. (2005). Critical Thinking Skill. Palgrave Macmillan.
Delina, Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.281-288
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.
Fisher, A. (2008). Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Gelora Aksara Pratama.
Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education, 06(22), 2438–2445. https://doi.org/10.4236/ce.2015.622251
Hidayati, A. U. (2017). TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar, 4(20), 143–156.
Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594
Puspita, V. (2016). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. 5(1), 65–80. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/6351/7418
Runisah, R. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui SQ3R. Euclid, 6(2), 145. https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216
Sugiyono. (2011). Metode Pennelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017 Dengan Tema "Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C)”, 21(2000), 223–231. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11417/8102
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: