Pengaruh Komik Lipat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Fisika di MTs Nurul Ishlah Gegelang
Abstract
Abstract: This study aims to find out the results of physics learning between students who follow the learning with simple folding comic Physics with students who follow conventional learning in grade IX B students at MTs Nurul Ishlah Gegelang. This type of research is included in experimental quasi design research. The population used is all grade IX students in MTs Nurul Ishlah Gegelang. In this study, two classes were taken as a sample of research divided into experimental classes and control classes. obtained samples are class IX B MTs Nurul Ishlah Gegelang as an experimental group and class IX A MTs Nurul Ishlah Gegelang as a control group. Research data in the form of physics learning results in the cognitive sphere was collected using a test of learning results, this research using the design of Pretest-Posstes. The collected data were then analyzed using t-related tests to determine significant differences in learning outcomes between the two sample classes. Based on the results of the study obtained the initial ability of students for both groups is homogeneous shown by Fhitung < Ftabel (1.07 < 2.14) and the differences between the two groups are insignificant on the subject of energy changes with units and the final ability test ruler shown by thitung > ttabel (3,134 > 2,005), so Ha was accepted.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pngaruh hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan komik lipat sederhana Fisika dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas kelas IX B di MTs Nurul Ishlah Gegelang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimental design. Populasi yang dipergunakan adalah seluruh siswa kelas IX di MTs Nurul Ishlah Gegelang. Pada penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. diperoleh sampel yaitu kelas IX B MTs Nurul Ishlah Gegelang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX A MTs Nurul Ishlah Gegelang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar fisika pada ranah kognitif dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posstes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t related untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan awal siswa untuuk kedua kelompok adalah homogen yang ditunjukkan dengan Fhitung < Ftabel (1,07 < 2,14) serta perbedaan yang dimiliki antara kedua kelompok tidak signifikan pada pokok bahasan perubahan energi dengan satuan dan pengkuran tes kemampuan akhir yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (3,134 > 2,005), sehingga Ha diterima.Keywords
Full Text:
Download (PDF)References
Adriyanto, Dewi Pramita, Abdillah, Syaharuddin, Mahsup, Eka Fitriani. 2019. “Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(1): 01–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3535/pdf.
Aribawati, D, F Kristin, and ... 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD.” JUSTEK| Jurnal Sains & ….
Arikunto. 2019. “Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.” In Rineka Cipta, Jakarta, , 21.
Darmayanti, N.W. S., and Linda Sekar Utami. 2018. “Penerapan Metode Latsol (Latihan Soal) Materi Pelajaran Fisika Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Luar Jam Sekolah Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Fisika Siswa SMP Di Desa Gontoran, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 2(1): 35.
Eka Fitriani, Mahsup. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 1(2): 01–08. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3541.
Ferniawan, Ferniawan, Johri Sabaryati, and Linda Sekar Utami. 2020. “Efektifitas Penggunaan Media Poster 3 Dimensi Secara Daring Pada Materi Tata Surya Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 Wera Tahun Pelajaran 2019/2020.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 6(2): 284.
Hamzah, Hamzah, Linda Sekar Utami, and Zulkarnain Zulkarnain. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 5(2): 77.
Ibrahim, Ibrahim, Linda Sekar Utami, and N .W. S. Darmayanti. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Fisika Asik (GASIK) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII Materi Pokok Cahaya Dan Sifat- Sifat Cahaya.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 4(2): 6.
Kabunggul, Yosua et al. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media ….” Jurnal Pendidikan Karakter 3(2): 3–6.
Mahsup, and Y. S. Anwar. 2020. “Development of Structured Modules to Improve the Mathematical Understanding of the Circle Concept in Class VIII Mataram 17 Junior High School.” In Journal of Physics: Conference Series,.
Mahsup, Mahsup. 2011. “Penerapan Stategi Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” βeta 4(2): 120–32. file:///C:/Users/Mahsup/Downloads/document (1).pdf.
———. 2018. “Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear.” Jurnal Ulul Albab 22(2).
Mandailina, Vera, and Mahsup. 2018. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP/MTs.” Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) 2(2): 144–47.
Marga, Kristina Mudali, M. Isnaini, and Linda Sekar Utami. 2018. “Pengaruh Media Kokami (Kotak Dan Kartu Misterius) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 4(2): 18.
Mikraj, Abdul, Linda Sekar Utami, and Zulkarnain Zulkarnain. 2019. “Pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MAN 2 Bima Kelas X Materi Hukum Newton Tahun Pelajaran 2018/2019.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 5(1): 5.
Muhardini, Sintayana et al. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara Untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(2): 284.
Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, Syaharuddin. 2019. “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(2): 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3533.
Murtiah, B. 2018. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Binatang Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara ….” JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi.
Nurfiati, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, Abdillah. 2020. “Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials.” Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 3(1): 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3509.
Rahmatin, Nutia, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin, and Mahsup Mahsup. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3(1): 27.
Setyowati, Endah, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07.” JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi 1(1): 76–81.
Sugiyono. 2013. “Buku - Sugiyono.” In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, Dan R & D, , 407.
Utami, Linda Sekar. 2018. “Perbandingan Analisis Numerik Menggunakan Metode Secant dan Metode Iterasi Satu Titik Untuk Menentukan Koefisien Gesek Udara Pada Kubus Dan Silindris.” Paedagoria | FKIP UMMat 5(2): 43.
Utami, Linda Sekar, and N.W.S Darmayanti. 2019. “Efektifitas Pembelajaran Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika Materi Gelombang Dan Optik Tahun Akademik 2018/2019.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 5(1): 53.
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: