UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI PRAYA

SITI SA’ADAH

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Sekolah 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran Harian. Metode yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi. Diperoleh hasil terdapat peningkatan 25% dari 75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Disimpulkan bahwa penerapan Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi Guru TK PGRI Praya Tahun 2017/2018 dalam menyusun Rencana Pembelajaran Harian.   

Abstract:  School Action Research 2 cycles consisting of 4 stages: planning stage, observation stage, evaluation stage, and reflection phase with the aim to find out whether continuous Guidance can improve teacher competence in preparing Daily Learning Plan. The method used is observation, interview, documentation. The results obtained are 25% increase from 75% in cycle I to 100% in cycle II. It is concluded that the application of continuous Guidance can improve the competence of PGRI Praya Teacher of Year 2017/2018 in preparing Daily Learning Plan.

Keywords


Bimbingan Berkelanjutan, Komptensi Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: