PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BINATANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS SISWA KELAS II SDN PUNIK

Bq. Murtiah

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas 3 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual menggunakan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SDN Punik menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Diperoleh hasil siklus I yaitu 10 dari 22 siswa tuntas atau ketercapaian 45,4%, siklus II yaitu 13 dari 22 siswa tuntas atua ketercapaian 59%, siklus III yaitu 19 dari 22 siswa tuntas atua ketercapaian 86,3%. Disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual menggunakan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SDN Punik

 

Abstract:  Class Action Research 3 cycles consisting of planning, observation, evaluation, and reflection stages with the aim to know whether the application of contextual approach using animal image media can improve the skill of descripting in writing the second grade students of SDN Punik using observation method, interview, documentation, and test . The result of cycle I is 10 out of 22 students complete or 45.4% achievement, cycle II is 13 of 22 students complete 59% achievement, cycle III that is 19 out of 22 students complete atua achievement 86.3%. It is concluded that the contextual approach using animal image media can improve the skill of descripting in writing the students of class II SDN Punik

Keywords


Pendekatan Kontekstual, Media Gambar, Keterampilan Mendeskripsi Tertulis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: