Analisa Pengaruh Pemeliharaan Machinery Dari Annual Survey Ke Intermediate Survey Dengan Menerapkan Maintanance Management System
Abstract
Abstract: In the field of shipping, maintenance of ships needs to be done to maintain the durability of the ship so that the life time is long so that the level of smooth productivity is not disturbed due to damage to the ship. Apart from that, regular surveys are also conducted to check the condition of the ship as well as to collect data on ships in the class. Ship maintenance in ensuring the implementation of the planned maintenance system (PMS) on the ship must meet the requirements. The survey studied in this study is about maintenance methods that are considered inaccurate in selecting the method of maintaining machinery and not applying a management which has an impact on work effectiveness. The research method used is a periodic survey method accompanied by implementing a Maintenance Management System tailored to the needs of the company. So that there are two main studies, namely the Annual Survey System and the Intermediate Survey System. This is to determine the right method for the company in calculating in terms of material, cost and time as well as maintenance management for each activity in order to create more effective work.
Abstrak: Pada bidang perkapalan perawatan kapal perlu dilakukan untuk mempertahankan ketahanan kapal agar life time nya lama sehingga tingkat produktifitas lancar tidak terganggu akibat adanya kerusakan pada kapal. Selain itu juga dilakukan survey secara berkala untuk pengecekan kondisi kapal sekaligus pendataan kapal pada kelas. Perawatan kapal dalam menjamin terlaksananya pelaksanaan sistem pemeliharaan terencana (PMS, Planned Maintenance System) di kapal harus memenuhi persyaratan. Survey yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai metode pemeliharaan yang dianggap belum tepat dalam pemilihan metode pemeliharaan machinery dan tidak diterapkanya sebuah management yang berdampak kepada efektivitas kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey periodik disertai dengan menerapkan Maintenance Management System yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga didapat dua kajian utama yakni Annual Survey System dan Intermediate Survey System. Hal ini untuk mengetahui metode yang tepat bagi perusahaan dalam menghitung dari segi material, biaya dan waktu serta pengelolaan pemeliharaan pada setiap kegiatan agar tercipta pekerjaan yang lebih efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, M. R. (2016). Reliability Centered Maintenance Dalam Perawatan F.O. Service Pump Sistem Bahan Bakar Kapal Ikan. Jurnal Riset Dan Teknologi Kelautan (JRTK), 14(1), 77–86.
Apriliandi, Haski (2013). Perancangan Planned Maintenance System Pada Mesin Kapal Jenis Diesel 2 Langkah Dengan Jumlah Silinder Tujuh Dan Bertenaga 15820 KW. Depok.
E wahyu A, S Nugroho, T Wuruk P. 2018. Penerapan Tehnologi Informasi Pada System Pemeliharaan Kapal Terencana. Jurnal Kelautan. Vol 11, No. 1. http:/doi.org/10.21107/jk.v11j1.3145
Imanuell, R., & Lutfi, M. (2019). Analisa Perawatan Berbasis Keandalan Pada Sistem Bahan Bakar Mesin Utama KMP. Bontoharu. JST (Jurnal Sains Terapan), 5(1). https://doi.org/10.32487/jst.v5i1.540
Iriani, Y., Rahmadi, E. S., Industri, J. T., Tekillk, F., & Widyatama, U. (2011). Usulan Waktu Perawatan Berdasarkan Keandalan Suku Cadang Kritis Bus di Perum Damri Bandung. Proceedings 6th Nalional Lnduslrial Engineering Conference (NIEC-6), 171–178.
Jaka Purnama, Yosua Anggara Putra, M. K. (2015). Metode Age Replacement Digunakan Untuk Menentukan Interval Waktu Perawatan Mesin Pada Armada Bus. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III 2015 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya ISBN, 115–126.
Kusuma, I. P. A. I. (2015). Studi analisa kehandalan dan jadwal perawatan sistem bahan bakar di kapal dengan pemodelan dinamika sistem. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III, 533–542.
Muhtadi, A., Pribadi, T. W., & Baihaqi, I. (2016). Studi Implementasi Reparasi Kapal Berbasis Keandalan untuk Galangan Kapal. Jurnal Teknik ITS, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i1.15789
Sabine Knapp and Philip Hans, 2006. Analysis of The Marine Inspection Regimes- Are Ship Over Inspected. Economic Institute, Erasmus University Roterdam.
Siagian, D. C., Napitupulu, H., & Siregar, I. (2013). Usulan Perawatan Mesin Berdasarkan Keandalan Spare Part Sebagai Solusi Penurunan Biaya Perawatan Pada Pt. Xyz. Jurnal Teknik Industri USU, 3(5), 47–52.
Syahruddin. (2012). Analisis Sistem Perawatan Mesin Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM)Sebagai Dasar Kebijakan Perawatan yang Optimal di PLTD “X.” Jurnal Tekhologi Terpadu, 1(7), 42–49.
Taufik, T., & Septyani, S. (2016). Penentuan Interval Waktu Perawatan Komponen Kritis pada Mesin Turbin Di PT Pln (Persero) Sektor Pembangkit Ombilin. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(2), 238. https://doi.org/10.25077/josi.v14.n2.p238-258.2015
Yusuf, Z. A. (2016). Analisa Perawatan Berbasis Resiko Pada Sistem Pelumas Km. Lambelu. Jurnal Riset Dan Teknologi Kelautan (JRTK), 14(1), 129–140.
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v4i1.4476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: