Perbandingan Hasil Belajar Berdasarkan Penggunaan Software Maple dan Geogebra : Sebuah Meta Analisis
Abstract
Abstract: In improving student learning outcomes, it is necessary to support the use of software technology in the learning process. Some of the software used in mathematics learning are Maple and GeoGebra. The purpose of this study is to reanalyze the results of research on the comparison of student learning outcome levels in Indonesia using Maple and GeoGebra-based software learning media. The method used in this study is meta-analysis. Data is obtained from indexing databases such as Scopus, DOAJ, WorlCat and Google Scholar. Then screening data on the results of the study contained fisher test scores (F), student test (t), correlation test (r), and number of learners (N). The results of data analysis using JASP software as many as 32 data showed that there was a significant influence in improving the learning outcomes of learners using (1) Maple by 66%, medium category and (2) GeoGebra by 61% with moderate as well. The comparison of the two programs can be seen that the use of Maple has more effect on student learning outcomes compared to using GeoGebra.
Abstrak: Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, maka perlu didukung penggunaan teknologi software pada proses pembelajaran. Beberapa software yang di gunakan dalam pembelajaran matematika adalah Maple dan GeoGebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali hasil-hasil penelitian pada perbandingan tingkat hasil belajar siswa di Indonesia yang menggunakan media pembelajaran software berbasis Maple dan GeoGebra. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Meta-analisis. Data di dapatkan dari database pengindeks seperti Scopus, DOAJ, WorCat dan Google Scholar. Kemudian dilakukan penyaringan data pada hasil penelitian yang memuat nilai uji fisher (F), uji student (t), uji korelasi (r), dan jumlah peserta didik (N). Hasil analisis data menggunakan software JASP sebanyak 32 data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan (1) Maple sebesar 66%, kategori sedang dan (2) GeoGebra sebesar 61% dengan sedang juga. Perbandingan dari kedua program tersebut dapat terlihat bahwa penggunaan Maple lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan GeoGebra
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, D., Sunandi, E., & Fransiska, H. (2017). Maple Introduction And Training To Increase Learning Results And Understanding. 1–8.
Agustina, D., Sunandi, E., & Fransiska, H. (2018). Pengenalan Dan Pelatihan Maple Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dan Pemahaman Matematika. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 15(1). https://doi.org/10.33369/dr.v15i1.4226
Amri, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Geogebra Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bilangan Bulat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 792–795.
Asmar, A., & Delyana, H. (2020a). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758
Asmar, A., & Delyana, H. (2020b). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758
Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 6(2), 12–22.
Asyhar, B., & Asmarani, D. (2016). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Tentang Materi Persamaan Diferensial Menggunakan Bimbingan Belajar Individual (Face To Face Relationship) Berbantuan Program Maple. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.203
Auliya, A. S., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Aplikasi Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 10. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p10-18
Belladina, N., Handayanto, A., & Shodiqin, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Quantum Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 323–331. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4861
Darma, & Ketut, I. (2011). Evektivitas media Pembelajaran Matematika Berbasis Software Maple Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali ]. Teknodik, 2011, 783–788.
Dewi, M., Rezki, S., Azmi, M., & Informasi, P. S. (2018). Efektifitas Pembelajaran Kalkulus Menggunakan Software Autograph Dan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, 998(September), 637–642.
Dwijayani, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Menggunakan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70.
Farihah, U. (2020). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 11. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.190
Fayeldi, T., & Suwanti, V. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Maple pada Materi Fungsi Untuk Siswa SMA. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 189. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3324
Fitra, A., & Sitorus, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 20–27.
Fitrianna, A. Y. (2020). Worksheet Berbantuan Maple Untuk Meningkatkan Algebraic Reasoning Dan Self-Regulated Learning. Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 378–386.
Habinuddin, E., Turunan, K., & Geogebra, S. (2018). Peningkatan kemampuan pemahaman kalkulus turunan berbantuan geogebra ability improvement in understanding derivative calculus using geogebra. SIGMA-Mu (Jurnal Penelitian & Gagasan Sains Dan Matematika Terapan), 10(1), 58–65.
Haris, A., & Rahma, A. (2018). Kemampuan Spasial Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Sofware Geogebra. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 1–7.
Idris, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Program Linear Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Geogebra Siswa Kelas Xii Ipa1 Sma N 1 Tompobulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 2 Nomor 3 Tahun 2015, 2, 144–153.
Indrajaya, U. (2014). Upaya meningkatkan pemahaman kalkulus melalui pembelajaran berbantuan maple pada mahasiswa teknik informatika AMIK Garut. Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10), 38–52.
Junaidi. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 1 Mila. Jurnal Numeracy, 5(2), 184–193.
Laila Qadriah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis Matematik Siswa Smk Negeri 1 Sigli Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9–16. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.109
Mandailina, V., Al Musthafa, S., & Pramita, D. (2018). Kombinasi Media Delphi Dan Geogebra Dalam Pembelajaran Dimensi Tiga. Paedagoria | FKIP UMMat, 7(2), 65. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i2.32
Mone, F., & Abi, A. M. (2018). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Paedagogia, 20(2), 120. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.13228
Mthethwa, M., Bayaga, A., Bossé, M. J., & Williams, D. (2020). Geogebra for learning and teaching: A parallel investigation. South African Journal of Education, 40(2), 1–12. https://doi.org/10.15700/saje.v40n2a1669
Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2020). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Maple Terhadap Hasil Belajar Fungsi Invers. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2666
Paradesa, R., & Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran Matematika Berbantuan Maple Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70–81. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1442
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34
Puspadewi, K. R., & Atmaja, I. M. D. (2015). Pemanfaatan Program Aplikasi Maple Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kalkulus I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bakti Saraswati, 04(01), 40–48.
Rahmawati, D. T. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Pakem Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4 Th SENATIK, 6(1), 31–36. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.623
Ramdhani, V. (2021). Penggunaan Software Maple Pada ( The Use Of Software Maple In Learning Ordinary. Pendidikan Matematika, 04(01), 70–80.
Salleh, T. S. A. @, & Zakaria, E. (2013). Enhancing Students’ Understanding in Integral Calculus through the Integration of Maple in Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102, 204–211. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.734
Sapta, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Sukubanyak Melalui Model Pembelajaran Quiz Team Berbantuan Aplikasi Maple. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 166. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.215
Saputra, J. (2017). The Application Of The Maple Program To Self- Regulated Learning On The Mathematics’. International Conferenc, 6, 64–71.
Sari, & Saputri, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Jurnal, J M N Nusantara, 3(1), 1–12.
School, G., Didik Purwosetyono, F., & Prasetyowati, D. (2016). Education in the 21 th Century: Responding to Current Issues The effectiveness of E-Book Based On Maple for Integral Calculus Course at Mathematics Education of PGRI Semarang University. Core.Ac.Uk, 303–308.
Simamora, R., & Saragih, E. M. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Siswa Teradap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2344
Sirait, F. ., & Siagian, P. . (2017a). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Di Kelas Xi Sma Negeri 7 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3). https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8973
Sirait, F. ., & Siagian, P. . (2017b). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Di Kelas Xi Sma Negeri 7 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 35–51. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8973
Sirait, S. (2020). Jurnal MathEducation Nusantara Vol . 2 ( 1 ), 2019 fungsi aljabar dalam ekonomi dan bisnis . Mereka menganggap fungsi aljabar dalam ekonomi dan bisnis merupakan pokok bahasan yang sulit dipahami dan merasa kebingungan ketika diaplikasikan kedalam rumus-ru. MathEducation Nusantara, 3(1), 81–85.
Suhandri, S. (2016). Implementasi Program Aplikasi Maple Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 57. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1440
Sunaryo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran GeoGebra terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Materi Program Linier Kelas X. Journal on Education, 02(01), 96–103.
Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828
Suwartiani, S. Al. (2017). Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 1(1), 1. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.1
Tanjung, S. D., & Ihsan, I. (2019). The Application of Quantum Teaching Learning Model on Derivative Function using Maple Software in Informatics Engineering of South Aceh Polytechnic. Jurnal Inotera, 4(2), 90. https://doi.org/10.31572/inotera.vol4.iss2.2019.id86
Wahyudi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2).
Widyastuti, R., Suherman, Mardiyah, Retnosari, T. D., & Mudrikah, I. (2021). Construct 2 learning media developments to improve understanding skills. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012051
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049
Yuliani, R. E. (2021). the Effect of Using Tpack-Based Geogebra Applications on. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1).
Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337
Yunita, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Melalui Media Geogebra Kelas IX di SMP N 2 Banjit Way Kanan. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 89. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.43
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i1.8430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: