PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK YATIM SEBAGAI LANDASAN KEMANDIRIAN DI MASA DEPAN
Abstract
Anak yatim sering menghadapi tantangan besar dalam kehidupan mereka, terutama dalam aspek emosional, sosial, dan pendidikan. Kehilangan orang tua dapat mengganggu perkembangan fisik, mental, dan intelektual mereka. Dalam Islam, anak yatim mendapat perhatian khusus dan kedudukan mulia, sehingga pendidikan Islam menjadi penting untuk memberi mereka kesempatan yang setara untuk tumbuh dan berkembang. Pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak yang baik. Pendekatan pendidikan yang holistik, me ncakup aspek spiritual, moral, sosial, dan intelektual, diperlukan agar anak yatim dapat memperoleh bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan hidup. Pengabdian dalam pendidikan Islam kepada anak yatim bertujuan untuk memperkenalkan mereka pada nilai-nilai Islam yang mengedepankan kasih sayang, kejujuran, dan rasa tanggung jawab. Melalui pengajaran Al-Qur’an dan Hadis, pembinaan akhlak, pelatihan keterampilan hidup, serta penguatan pendidikan akademik, anak yatim dapat diberdayakan untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berkarakter. Meskipun banyak tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya, pengabdian ini menunjukkan dampak positif yang besar, termasuk peningkatan pengetahuan agama, karakter, dan keterampilan hidup anak-anak yatim. Dengan perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, M., Zulmuqim, Z., & Kosim, M. (2024). Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1 SE-Articles), 1–19. https://www.jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/379
Azri, Q. R. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859–4884.
Devangga Darma Karingga, & Fendy Prasetyawan. (2024). Pemberian Dukungan Ilmu Keagamaan dan Santunan Bagi Anak Yatim Di Tulungagung. Khidmah Nusantara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.69533/289kh495
Haryono, B., Pramana, A., Muslihah, S., Syaifulah, S., & Maulidin, S. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dan Relevansi Surah Al-Mujadalah Ayat 11 Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 116–127. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i3.4230
Hasni, Hasnawi Haris, Firman Umar, Suciani Latif, Akhmad Harum, M. R. (2024). Edukasi Anti- Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di Panti Asuhan Guppi Kecamatan Tallo Kota Makassar. 4(6), 515–522. https://doi.org/10.59395/altifani.v4i6.614
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568
Khaidir, M., & Qorib, M. (2023). Metode Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Taimiyah Dalam Kitab Tazkiyatun Nafs. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v7i1.18942
Khasanah, N. (2023). Al-Mujahadah: Islamic Education Journal. Al-Mujahadah, 1(1), 1–10.
Muqorrobin, S. (2023). AL MIKRAJ Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendukung Pertumbuhan Rohani Anak Yatim Piatu Tunanetra. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(2), 254–262.
Noviar, Y., Maulidin, S., & Arkanudin, A. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Yatim: Studi Di Yayasan Al-Nikmah Barikah Janah Jakarta Selatan. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 91–102. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.4199
Panut, P., Giyoto, G., & Rohmadi, Y. (2021). Implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren Terhadap Pengelolaan Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2671
Renata Ginting, R., Verbina Ginting, E., Jannah Hasibuan, R., & Masri Perangin-angin, L. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 407–416. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.778
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Siregar, H. L., Hasibuan, N. A. P., Pitaloka, D., Sir, F. K., Amelia, B., & Siregar, D. (2024). Pembentukan Karakter Mandiri Pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Indonesian Research Journal on Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.466
Yuangga, K. D., Sunarsi, D., & Pratama, G. D. (2024). Strategi Pengembangan Koperasi Mandiri Sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.56457/dinamika.v2i1.587
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
DOI: https://doi.org/10.31764/kjpm.v2i1.28013
Refbacks
- There are currently no refbacks.