PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA KOMUNITAS BELAJAR GURU SDN 1 SEPAPAN

Julianto Julianto

Abstract


Pelatihan penyusunan perangkat kurikulum merdeka berdasarkan pada permasalahan yang dihadapi komunitas guru SDN 1 SEPAPAN yakni belum menguasai konsep implementasi kurikulum merdeka secara menyeluruh. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan pelatihan penyusunan perangkat ajar yang bertujuan meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam Menyusun dan mengimpelementasikan kurikulum merdeka. Pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa orang guru dari beberapa sekolah imbas. Pelaksanaan pelatihan ini meliputi beberapa kegiatan 1) penjelasan konsep kurikulum merdeka meliputi Capaian pembelajaran (CP), tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur tujuan pembelajaran (ATP) 2) pelatihan penyusunan modul ajar. Hasil dari pelatihan yakni penguasaan dan peningkatan pengetahuan tentang implementasi kurikulum merdeka serta keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Alfi, C., & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL)denganRolePlayinguntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikdiSMAN2 Malang.JurnalPendidikan:RisetdanKonseptual,7(4),768.

https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.833.

D.rSitiAnnisah,M.P.(2019).LiterasimatematikabagicalonguruataucalongurukelasdiSD/MI. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=y%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBENTUNGAN_STRATEGI_MELESTARI.

Damanik, S. H., Eza, G. N., Sinaga, R., Diputra, A. M., & Ramadhani, R. (2021). Pelatihan Kurikulum 2013 Terhadap Guru Paud. Jurnal Usia Dini, 7(1), 12. https://doi org/10.34114/judul.v7i1.25651.

Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Investigasi Bagi Guru Sekolah Dasar Parangtambung ll Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 615-616. https://OJS.unm.ac.id/semnaslpk/artikel/download/11888/7003.

FakihKhusni,M., Munadi,M., &Matin, A.(2022).ImpelementasiKurikulum MerdekaBelajardi MIN1Wonosobo.JurnalKependidikanIslam,12(1),60-71.

https://dou.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71.

Fatih, M., Alfi, C., Nahdlatul, U., Blitar, U., Timur, J., & Kunci, K. (2024). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Komunitas Belajar Guru Kelas lll Sekolah Dasar di Kota Blitar. 2(379), 29-35.

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608-1617.

Makrif, M., Sari, N., Muhardini, S., Ratu, T., & Erfan, M. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDN 1 Banyumulek Tahun 2023. Jurnal Warta Desa (JWB), 5(3), 203-212.

meliza, siraj, jahriyanti. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka pada Sekolah DasardiKabupatenBireuen.JurnalPenelitian,PendidikandanPengajaran:JPPP,5(2), 127-168.

Nurfadhillah, S., Pertiwi, D., Pratiwi, D. I., Dewi, E. P., Saidah, M., & Nurhaliza, S. (2021). Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Ivb Sd Negeri Cikokol 3. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2),313-322.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) sebagaiSebuahPilihanBagiSatuanPendidikan:KajianPustaka.Didaktik:JurnalIlmiah PGSDSTKIPSubang,8(2),1999-2019.https://doi.org/10.3698/didaktik.v8i2.506.




DOI: https://doi.org/10.31764/kjpm.v2i1.28687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.