DAMPAK ETNO-BULLYING DI SDN 1 SIKUR SELATAN
Abstract
Bullying dapat diartikan sebagai tindakan penindasan yang dilakukan secara sengaja oleh individua tau kelompok yang lebih kuat terhadap orang lain yang dianggap lebih lemah. Bullying adalah masalah serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak sosialisasi mengenai bullying di SDN 1 Sikur Selatan, dengan fokus pada pemahaman siswa mengenai dampak etno-bullying. Peserta yang terlibat adalah kelas tinggi yaitu kelas 4,5 dan 6. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah metode penyuluhan atau sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan penurunan kejadian bullying di sekolah setelah sosialisasi dilakukan.
Keyword: Bullying, Socialization, education, impact.
Full Text:
PDFReferences
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706
Nopriyanti, H., Khasanah, L., Sholeha, M., Saputra, R. A., & Meisya, S. (2023). Dampak Perilaku Bullying terhadap Peserta Didik pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.226
Novi Silva, C. C. (2019). Kasus bullying di lingkungan sekolah. 6, 13–16.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Tahun, J., & Tahun, J. (2024). PENCEGAHAN BULLYING ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1b. Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706
Nopriyanti, H., Khasanah, L., Sholeha, M., Saputra, R. A., & Meisya, S. (2023). Dampak Perilaku Bullying terhadap Peserta Didik pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.226
Novi Silva, C. C. (2019). Kasus bullying di lingkungan sekolah. 6, 13–16.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Tahun, J., & Tahun, J. (2024). PENCEGAHAN BULLYING ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1b.2054 eIS
Tuasuun, A., Kibas, A. N., & Ruspanah, I. (2024). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SD Negeri 56 Perumnas Poka, Ambon. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(3).
DOI: https://doi.org/10.31764/kjpm.v2i1.28767
Refbacks
- There are currently no refbacks.