Analisis Etika Pemerintahan dan Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pemerintahan Kota Mojokerto
Abstract
Aparatur Sipil Negara (ASN), atau penyelenggara pemerintahan, bertindak dan berpikir sesuai dengan etika. Karena etika pemerintahan selalu menjadi masalah yang perlu diperhatikan, masyarakat biasanya akan merasa tidak puas dan menggugat nilai atau standar etika yang digunakan oleh aparat pemerintah dalam memberikan pelayanan. Dewasa ini, etika pemerintahan menjadi topik diskusi terutama karena upaya untuk membuat pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Untuk membantu masyarakat mencapai tujuan tertentu, sebuah kelompok atau seseorang birokrasi melakukan upaya yang dikenal sebagai pelayanan publik. Administrasi kependudukan berada di suatu pemerintahan dan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik. Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban yang digunakan untuk mengatur dokumen dan data kependudukan. Ini mencakup pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. Studi ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif melalui wawancara langsung. menegaskan bahwa metodologi penelitian kualitatif berbasis postpositivisme dan digunakan untuk menyelidiki kondisi obyek yang alamiah. Dalam etika birokrasi pelayanan publik, prosedur pelayanan tidak hanya bergantung pada kebiasaan. Selain itu, didasarkan pada prinsip dan etika yang berfungsi sebagai standar untuk memandu perilaku positif karyawan. Pelayanan publik akan berhasil jika menerapkan etika birokrasi. Ini berarti bahwa mereka dapat memberikan layanan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat dan keuntungan umum daripada keuntungan individu, kelompok, atau organisasi yang terlibat.
Full Text:
PDFReferences
Afrijal, A., Helmi, H., Latif, I. R., & Usman, B. (2023). Penguatan Etika Pemerintahan sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Aparatur Pemerintahan. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(4), 269–275. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i4.3416
Andayani, S., Zitri, I., & Darmansyah, D. (2024). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi dana desa terhadap tingkat kepercayaan masyarakat di kelurahan Punia Mataram. Journal Law and Government, 2(1), 8-19.
Endah, K. (2018). Etika pemerintahan dalam pelayanan publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 141–151. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/1088%0Ahttps://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/download/1088/985
Hikmah Muhaimin, Ghozali, G., Afida Izzatus Syifa, Revi Firmala Anggraini, & Khisamuddin, K. (2023). Penerapan Etika Birokrasi dalam Kualitas Pelayanan Publik KPU Kabupaten Mojokerto. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 298–305. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i3.2194
Muhaimin, H., Ichwan, W., Basith, R. A., Veryanto, D. R., Kunci, K., Pemerintahan, E., Pelayanan, ;, & Kepercayaan, P. ; (2023). Etika Pemerintah Dalam Penyelengaraan Layanan Publik Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kepercayaan Masyarakat. Journal Law and Government, 1(2), 122–132.
Muhammad, R. E. N., & Zitri, I. (2023). Implementasi Good Governance Dalam Pengelolaan Sumber Daya Hasil Laut Di Kawasan Bintaro Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Journal Law and Government, 1(2), 109-115.
Pramdityan, R., Muhaimin, H., & Kesi, B. (2022). IMPLEMENTASI ETIKA PEMERINTAHAN DALAM MENCIPTAKAN BIROKRASI YANG BERSIH DAN SEHAT IMPLEMENTATION OF GOVERNMENT ETHICS IN CREATING A CLEAN AND HEALTHY BUREAUCRACY (Case Study in a Pandan Krajan Village Office, Kemlagi District, Mojokerto Regency). Journal of Governance and Policy Innovation (JGPI), 2(1), 37–45.
Rakhmadani, R. (2022). 45328-Article Text-79166-1-10-20220301. 5, 159–168.
Sugiyono. (2021). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sumarwoto, S. (2021). Penyuluhan Hukum: Bagi ASN tentang Kode Etik dan Perilaku di BKPSDM Kota Mojokerto. Borobudur Journal on Legal Services, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.31603/bjls.v2i1.8087
DOI: https://doi.org/10.31764/jlag.v2i2.25038
Refbacks
- There are currently no refbacks.