ANALISIS KELAYAKAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP BERPENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR

N.W. S Darmayanti, Haifaturrahmah Haifaturrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan buku panduan praktikum IPA terpadu SMP berpendekatan saintifik dengan berorientasi lingkungan sekitar yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk mengetahui kualitas atau kelayakan buku panduan praktikum. Buku panduan praktikum ini dianalisis kelayakannya melalui validitas isi (content validity) oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik. Ahli materi dan ahli media berjumlah masing-masing 2 orang dari dosen prodi pendidikan fisika dan pendidik masing-masing berjumlah 2 orang dari guru SMP. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket yang dianalisis menggunakan skala likert. Data didapatkan dari penilaian ahli media, ahli materi, dan guru kemudian akan dijumlahkan dan total skor yang diperoleh dikonversikan menjadi data kualitatif dengan skala lima, yaitu A untuk amat baik, B untuk baik, C untuk cukup baik , D untuk kurang baik dan E untuk kurang baik sekali. Hasil validitas isi menunjukkan bahwa buku panduan praktikum ini layak untuk digunakan dalam penelitian dengan nilai A(amat baik) dari ahli materi, nilai A(amat baik) dari ahli media dan nilai B (baik) dari pendidik.

Keywords


Kelayakan panduan praktikum, Saintifik, Lingkungan sekitar

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,Jakarta.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu, SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Diknas.

Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers.

Faddilah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Isnaini,M. 2014. Evaluasi Kesiapan Guru Fisika Se-kota Mataram dalam Kegiatan Laboratorium, Prosiding: Seminar Nasional Tema” Sains dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Local. IKIP Mataram.

Koyan, I.W. 2011. Assesmen Dalam Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: