PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Baiq Nabila Saufika Zainuri, Syahrial Ayub, Aris Doyan, Gunawan Gunawan

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya prestasi belajar dan tidak terbentuknya pola pikir kreatif siswa disebabkan oleh jarangnya siswa dalam melakukan percobaan atau penemuan yang mendukung untuk berpikir secara terbuka serta penggunaan metode pembelajaran yang belum menuntut keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model guided discovery berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) pengaruh model guided discovery berbantuan PhET terhadap prestasi belajar fisika siswa, (3) interaksi antara pengaruh model guided discovery berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan uji-t, sedangkan hipotesis ketiga dengan uji Manova. Hasil uji ketiga hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model guided discovery berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar fisika siswa serta terdapat interaksi antara pengaruh model guided discovery berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar fisika siswa.

 

Kata kunci: guided discovey; PhET; kemampuan berpikir kreatif; prestasi belajar.

 

ABSTRACT

The low learning achievement and the lack of creative thinking patterns of students are caused by the lack of students conducting experiments or discoveries that support open thinking and the use of learning methods that do not require student activity. The research is aimed to examine (1) the influence of a guided discovery model assisted by PhET on students' creative thinking skills, (2) the influence of guided discovery model assisted by PhET on students' learning achievement in physics, (3) the interaction between the influence of guided discovery model assisted by PhET on students' creative thinking skills and physical learning achievement. The type of research used is quasi- experiment with a nonequivalent control group design. The population used was students of class X IPA SMAN 1 Kediri. The Sampling used was saturated sampling, with class X IPA 1 as the experimental class and class X IPA 2 as the control class. Data analysis for the first and second hypotheses was carried out by t-test, while the third hypothesis was carried out by the Manova test. The results of the third hypothesis test show that the value of tcount > ttable at a significant level of 5%, which means Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be found that there is an effect of the guided discovery model assisted by PhET on students' creative thinking skills and physics learning achievement and there is an interaction between guided discovery model assisted by PhET on students' creative thinking skills and physics learning achievement.

 

Keywords: guided discovey; PhET; creative thinking skills; physics learning achievement.


Keywords


guided discovey; PhET; creative thinking skills; physics learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Asriati, Rokhmat, J., & Doyan, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Kausalitik Ber-Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Getaran Harmonis Siswa Kelas X. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Chan, M. I. H., Septia, E. A., Febrianti, K., & Desnita, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 238–245. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5714

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual PhET terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514

Elvi, S., Asrizal, & Mufti, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Pengetahuan Peserta Didik Fisika SMA. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 305–312. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.158

Handayani, E., & Simamora, P. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Tingkat Sma Pada Materi Pokok Fluida Dinamis. Jurnal Inovasi Pembelajaran (INPAFI), 7(3), 21–27. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi

Hariyanto, A. (2016). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi Phet Terhadap Prestasi Belajar Fisika the Effect of Discovery Learning Model With Phet Simulation Aid To Students’ Physics Learning Achievement. Neliti.Com, 1, 365–378.

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Hikmawati, H., Kosim, K., & Doyan, A. (2020). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 111–113. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1475

Jhoni, M., Sartika, N. D., Hodimah, D. Y., Damaiyanti, A., Rahmatika, N., & Purnamasari, E. (2022). Pengaruh Model Problem Solving dengan Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 169–174. http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/8512%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/download/8512/4525

Kemdikbud. (2013). Permendikbud No 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Kurikulum Sekolah Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta:Kemdikbud.

Muzakki, M. A., & Madlazim. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Simulasi PHET untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/MTs pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 152–156. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3677

Nurlaela, L., Euis, I., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Edisi Revisi). Jakarta Utara: PT Mediaguru Digital Indonesia.

Purwanto, C. E., Nughoro, S. E., & Wiyanto. (2012). Penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis. Unnes Physic Education Journal, 1(1), 26–32. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–5.

Sari, D. P., Lutfi, A., & Qosyim, A. (2013). Uji Coba Pembelajaran IPA dengan LKS sebagai Penunjang Media Virtual PhET pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(2), 15–20.

Sugiyono. (2005). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472

Syaifulloh, R. B., Jatmiko, B., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Pembelajaran Dengan Model Guided Discovery Dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Rizal Bagus Syaifulloh, Budi Jatmiko. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 174–179.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: