ANALISIS KONSTANTA PEGAS DAN PERCEPATAN GRAVITASI AYUNAN SEDERHANA DENGAN TRACKER VIDEO ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING

Iryan Dwi Handayani, Diah Aryati Puji Lestari, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Fisika adalah ilmu dasar yang digunakan untuk membahas kejadian alam di sekitar kita. Fenomena buah yang jatuh selalu jatuh ke bawah adalah kejadian karena adanya gravitasi bumi. Tarikan gravitasi bumi pada bulan dapat dipandang sebagai interaksi antara medan gravitasi bumi di lokasi bulan dengan massa bulan. Pembelajaran di era pandemi seperti sekarang ini banyak dilakukan secara online, sehingga praktikum secara langsung baik di laboratorium ataupun tidak akan susah dilaksanakan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konstanta pegas dan percepatan gravitasi dengan menggunakan tracker video analysis. Software ini menganalisis video tentang kejadian kejadian alam terutama yang berhubungan dengan kelajuan, kecepatan, percepatan, gaya, medan gravitasi, konversi dan konservasi energi. Dengan tracker video analysis bisa digunakan untuk alternatif penyelesaian masalah analisis praktikum fisika secara mandiri. Dihasilkan nilai percepatan grafitasi dan konstanta pegas dari grafik dengan menggunakan tracker video analysis. Dengan menggunakan fasilitas TVA juga dapat meningkatkan Computational Thinking.

 

Kata kunci: tracker video analysis; pegas; ayunan sederhana.

 

ABSTRACT

Physics is a basic science that is used to discuss natural events around us. The phenomenon of falling fruit always falling down is one of the events due to the earth's gravity. Earth's gravitational pull on the moon can be seen as an interaction between the earth's gravitational field at the moon's location and the moon's mass. Much learning in the pandemic era, as it is now, is carried out online, so that hands-on practicums, whether in the laboratory or in the laboratory, will not be difficult to carry out. Currently there is Tracker software that allows students to conduct research in comprehensive kinematics. This software uses video analysis methods about natural events, especially those related to speed, velocity, acceleration, force, gravitational field, energy conversion and conservation. With a video analysis tracker, it can be used as an alternative to solving physics practicum analysis problems independently. The value of the acceleration of gravity and spring constant is generated from the graph using a tracker video analysis. Using the TVA facility can also improve Computational Thinking.

 

Keywords: tracker video analysis; pegas; ayunan sederhana.


Keywords


tracker video analysis; pegas; ayunan sederhana.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2016). Besaran-Besaran Gerak. Fisika Dasar 1, 81–159.

Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman Dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 37–44. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p37-44

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83

Asrizal, A., Yohandri, Y., & Kamus, Z. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 41. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/84

Elisa, & Claudya, Y. (2016). Penentuan Konstanta Pegas dengan Cara Statis dan Dinamis. Jurnal Fisika Edukasi, 3(1), 1–57.

Fianti, Listiagfiroh, W., & Susilo. (2020). Video tracker analysis: A strategy for measuring students communication and collaboration skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022019

Gregorio, J. B. (2015). Using Video Analysis , Microcomputer-Based Laboratories ( MBL ’ s ) and Educational Simulations as Pedagogical Tools in Revolutionizing Inquiry Science Teaching and Learning. K‐12 STEM Education, 1(1), 43–64.

Hockicko, P., Krišt′ák, L., & Němec, M. (2015). Development of students’ conceptual thinking by means of video analysis and interactive simulations at technical universities. European Journal of Engineering Education, 40(2), 145–166. https://doi.org/10.1080/03043797.2014.941337

Irawan, D. M., Iswantoro, G., Muhammad, H. F., & Sri, H. (2018). Pengaruh nilai konstanta terhadap pertambahan panjang pegas pada rangkaian tunggal, seri dan paralel. Jurnal Teknik Mesin MERC (Mechanical Engineering Research Collection), 1(5), 4. http://jom.untidar.ac.id/index.php/merc/article/view/125

Julianti, N. H., Darmawan, P., & Mutimmah, D. (2022). Computational Thinking Dalam Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022.

Muhammad Habibbulloh, 1) Madlazim. (2014). Penerapan metode analisis video software tracker dalam pembelajaran fisika konsep gerak jatuh bebas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas x sman 1 sooko mojokerto. 4(1), 15–22.

Oktova, R. & S. (2013). Pemanfaatan Tracker Dalam Eksperimen Ayunan Bandul Teredam Untuk Penentuan Koefisien Viskositas Udara Dengan Hukum Landau-Lifshitz. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1986), 43–59.

Raflesiana, V., Herlina, K., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Tracker Pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Interpretasi Grafik Siswa. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.30870/gravity.v5i1.5207

Ristiawan, A. (2018). Analisis Gerak Jatuh Bebas Dengan Metode Video Based Laboratory (Vbl) Menggunakan Software Tracker. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 26–30. https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6556

Samuel, H. (2020). Pengaruh Panjang Pegas Terhadap Konstanta Pegas, Frekuensi Sudut Alami, Frekuensi Sudut Teredam dan Faktor Redaman Osilasi Sistem Pegas-Massa. Universitas Sanata Dharma, 1–92.

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, Syukur, A., Hafdhoh, N., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang THE INTRODUCTION OF COMPUTATIONAL THINKING AS A PROBLEM SOLVING METHOD FOR TEACHERS AND STUDENTS IN SEMARANG CITY. Abdimasku, 2(2), 99–107.

Trocaru, S., Berlic, C., Miron, C., & Barna, V. (2020). Using tracker as video analysis and augmented reality tool for investigation of the oscillations for coupled pendula. Romanian Reports in Physics, 72(1), 1–16.

Wardani, S. S., Susanti, R. D., & Taufik, M. (2022). Implementasi Pendekatan Computational Thinking Melalui Game Jungle Adventure Terhadap Kemampuan Problem Solving. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(`1), 1–13. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5430

Yogyakarta, U. N. (2019). Tutorial penggunaan aplikasi video tracker.

Yolanita. (2022). View Of Analisis Percepatan Gravitasi Berbasis Video Tracking Pada Ayunan Bandul.Pdf.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.13671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: