PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FISIKA FLIPBOOK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS

Muhammad Jhoni, Tasya Afrizah, Nadia Rahma

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran flipbook menggunakan 3D Pageflip Professional pada materi momentum dan impuls di MA Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan flipbook mengunakan 3D Pageflip Professional pada materi momentum dan impuls yang valid dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media flipbook. Sebagai subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.IPA di MA Muhammadiyah 1 Palembang dengan menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model 4-D oleh Sivasailam Thiagarajan, namun hanya dilakukan tiga tahapan saja dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya dan akan dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya untuk ke tahap penyebaran (Dissiminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrument, wawancara, angket. Hasil penelitian pengembangan flipbook fisika menunjukan bahwa skor rata-rata penilaian validator 82% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik menunjukkan skor rata-rata 89 % dengan kategori sangan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa flipbook fisika pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan sangat valid dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: flipbook; penelitian; pengembangan; momentum dan impuls.

 

ABSTRACT

Research and development of flipbook learning media using 3D Pageflip Professional has been carried out on momentum and impulse materials at MA Muhammadiyah 1 Palembang.The purpose of the research is to find out the development of Flipbook using professional 3D Pageflip on valid momentum and impulse material of this study was to determine student responses to flipbook media. The subjects of this study were students of class XI.IPA at MA Muhammadiyah 1 Palembang using the R & D (Research and Development) method with the 4-D model by Sivasailam Thiagarajan, but only three stages were carried out due to time and cost limitations and will be continued by the next researcher to the dissemination stage (Dissiminate). Data collection techniques used in the form of instruments, interviews, questionnaires. The results of the research on the development of the physics flipbook show that the average score of the validator's assessment is 82% with a very valid category. The results of student responses showed an average score of 89% with a very valid category. Based on the results of the study, it can be concluded that the physics flipbook on the momentum and impulse material developed is very valid in learning.

 

Keywords: flipbook; research; development; momentum and impulse.


Keywords


flipbook; research; development; momentum and impulse.

Full Text:

PDF

References


Anesia, Regita. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Untuk Siswa Smp Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2)

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajagrafinfo Persada

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Diani, Rahma. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam:Pngembangan media Pembelajaran fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2)

Ependi, U. & Sopiah, N. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Matrrik, 110.

Ihsan, Fuad. (2013). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika

Sadiman ,Arief S. (2012). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakata: Rajawali pers.

Sandi dan Handjoko, (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada system Android. Jurnal Penelitian & pengembangan Pendidikan fisika. 2(1)

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia.

Sugihartono, Nur kartika Fatiyah, dan Harap Farida. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutrisno. (1997). Fisika Dasar Mekanika. Bandung. ITB.

Tipler A Paul. (1998). Physics for scientist and Engineers, Third Edition. Jakarta. Erlangga.

Priyambodo , Tri Kuntoro dan Jati, Bambang Murdaka Eka. (2009). Fisika Dasar. Yogyakarta: CV. Andi.

Wardoyo Mangun Sigit. (2013). Pembelajaran Berbasis Riset. Akademia

Warsiti, Bambang. (2014). Teknologi Pembelajaran dan Landasan Aplikasinya. Rineka Cipta

Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT Bumi.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.13871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: