HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 88 SINGKAWANG

Muhammad Firdaus, Emi Sulistri, Rien Anitra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan hasil belajar ranah kognitif IPA siswa kelas IV SD Negeri 88 Singkawang. Pada penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif yaitu hubungan antara variabel bebas dan terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A, IV B, dan IV C SD Negeri 88 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, adapun sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: (1) Efikasi diri siswa tergolong sedang dengan rata-rata keseluruhan 61,17; (2) Hasil belajar ranah kognitif IPA siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 65,47; (3) Terdapat hubungan efikasi diri dengan hasil belajar ranah kognitif IPA siswa kelas IV SD Negeri 88 Singkawang dengan koefisien determinan sebesar 34,81%, t_hitung sebesar 3,58 dan nilai koefisien korelasi (r_s) 0,59.

 

Kata kunci: efikasi diri; hasil belajar ranah kognitif

 

ABSTRACT

This study aims to describe the relationship between self-efficacy and learning outcomes in the science cognitive domain of fourth grade students of SD Negeri 88 Singkawang. The type of research used is quantitative research with associative research design, namely the relationship between independent and dependent variables. The population in this study were all grade IV A students of SD Negeri 88 Singkawang. Samples were taken using purposive sampling technique. The results of the study concluded that: (1) There was a positive relationship between self-efficacy and learning outcomes in the science cognitive domain of fourth grade students of SD Negeri 88 Singkawang, based on the results of self-efficacy calculations, it was classified as moderate with an overall average of 61.17; (2) There are learning outcomes in the science cognitive domain of fourth grade students of SD Negeri 88 Singkawang; (3) There is a relationship between self-efficacy and cognitive learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 88 Singkawang with a determinant coefficient of 34.81%, t_count of 3.58 and the value of the correlation coefficient (r_s) of 0.59.

 

Keywords: self-efficacy; cognitive domain learning outcomes


Keywords


self-efficacy; cognitive domain learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. dan D. R. K. (2001). . A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Diane E. Papalia, D. (2009). Human Development. Salemba Humanika.

Gunawan, Y., & Nuryana, N. (2019). Hubungan Efikasi Diri dan Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Greged Kabupaten Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi.

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22–28.

Jahja, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Edisi 2. Kencana Permada Media Group.

Jannah, E. U. (2013). Hubungan antara self-efficacy dan kecerdasan emosional dengan kemandirian pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajagrafindo Persada.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. NUSANTARA, 3(1), 48–62.

Mamik, D. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah). Kencana.

Pujilestari, R., Nurhayati, N., & Anitra, R. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA METERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika.

Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Biologi REMAP STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 610–615.

Revita, N (2019) Skripsi : hubungan self efficacy (efikasi diri terhadap hasil IPA siswa kelas VII SMPN 1 tanah putih.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Solimun, A., & Fernandes, A. C. R. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif perspektif sistem. UB Press

Sudaryono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2020. Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, D. (2018). Tes dan pengukuran. UPI Sumedang Press.

Suwartono, M. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.)




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: