PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 3 KABILA

Laila Magfirah Mahmud, Abdul Haris Odja, Nova Elysia Ntobuo, Tirtawaty Abdjul

Abstract


ABSTRAK

Teknologi yang dikembangkan dalam pembelajaran akan lebih baik jika dihubungkan dengan kearifan lokal, salah satunya yakni penggunaan media pembelajaran berbantuan aplikasi flippingbook berbasis Kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas (Validitas, Kepraktisan dan keefektifan) pengembangan media flippingbook pdi SMP Negeri 3 Kabila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan pengembangan model  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil nilai rata-rata validasi sebesar 3,69 dan berada pada kategori “valid”; (2) Aspek Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan diperoleh rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria “Baik” dan hasil rata-rata persentase dari angket respon peserta didik untuk keempat aspek diperoleh hasil rata-rata persentase untuk pernyataan positif sebesar 83% dan berada pada kriteria “Baik”; (3) Aspek keefektifan hanya ditinjau dari aktivitas peserta didik yang diperoleh persentase aktivitas peserta didik  sebesar 85% dengan kriteria “Baik”. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas Media Flippingbook berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan memenuhi aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci: pengembangan; kearifan lokal; media flippingbook

 

ABSTRACT

Technology developed in learning will be better if connected to local wisdom, one of which is the use of assisted learning media applications based on local wisdom. This research aims to describe the quality (Validity, Practicality, and Effectiveness) of the development of the flippingbook media  at SMP Negeri 3 Kabila. This research is a type of development research (R&D) with the development of ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the study showed that (1) The average validation value is 3.69 and is in the “valid” category; (2) The practical aspects are reviewed from the implementation of learning and response of students. The average percentage of learning implementation for meetings 1-3 is  85% with the criteria “ Good ” and the average percentage of student response questionnaires for the four is 83% and is in the “ Good ” criteria; (3) The effectiveness aspect is reviewed from students activities and obtain  an average student activity score 85% with criteria “ Good ”. So, the conclusion was obtained that the quality of the Local Wisdom-based Flippingbook Media is valid, practical and effective for use in classroom learning.

 

Keywords: development; local wisdom; media flippingbook


Keywords


development; local wisdom; media flippingbook

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Mandailing dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol. 6(2), 1–8. https://doi.org/10.37081/ed.v6i2.695

Awwaliyah, H. S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP tema cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education. Vol.4(2), 516-523

Arikunto. Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Fatmawati, I., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Setrada (Seni Tari Dan Drama) Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 8 (1): 14-24. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.12600

Hidayat, Fitria., & Muhamad, N. (2021). Modell Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. 1 (1): 28-37

Ilmiah, Ika Iffah. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Media Flipbook Html5 Berbasis Video Kontekstual. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1) : 14-26.

Kurnia, Tia Dwi., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. 2019. Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).

Mustofa, M., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2): 81-91. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.5841

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. 2019. Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 5(2): 108-114.

Nurakmal, D., Ningsih, K., & Yeni, L. F. (2022). Pengembangan Multimedia Flipbook pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). Vol. 11 (5): 1-12.

Ntobuo, N.E., & Abdjul, T. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran `Konsep Tekanan Zat di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online). Vol. 7(3): 1-5.

Putri, R. R. R. R., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial,1 (2):93-104. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4): 326-332. https://doi.org/1019184/jpf.v6i4.6213

Riani, A., Oktavia, M., & Pratama, A. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (4): 1819-1825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617

Sakhowati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook di SMA PGRI 1 Kelas XI IPA 1 Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi. Vol 6(1): 46-52. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.418

Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9 (9): 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42466

Sandy, D. N., Cholily, Y., M., Zukhrufurrohmah, Z., & Ummah, S. K. (2022). Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Tadris Matematika, Vol 5 (2): 135-148. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.135-148

Syahiddah, D. S., Putra, P. D. A., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2 (1) :1 -8.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.

Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP. Jurnal Derivat, 8 (1): 61-71.http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5625


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: