PENGEMBANGAN MEDIA E-LEAFLET BERBASIS BUDAYA LOKAL GORONTALO PADA MATERI ZAT ADITIF

Devi Hermalasari, Muhammad Yusuf, Nova Elysia Ntobuo

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan kevalidan Media E-Leaflet Berbasis Budaya Lokal Gorontalo pada Materi Zat Aditif. Terkait permasalahan yang di dapat di SMP Negeri 2 Suwawa, yaitu metode pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru. Media pembelajaran belum sepenuhnya digunakan dan pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan peserta didik atau belum ada pengintegrasian pembelajaran secara langsung yang berkaitan dengan budaya lokal, sehingga pemahaman mengenai materi yang diajarkan sulit dicerna, guru juga belum menerapkan E-leaflet dalam proses pembelajaran IPA. Sehingga dapat peneliti dapat mengembangkan media E-Leaflet berbasis budaya lokal Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi E-Leaflet Berbasis Budaya Lokal oleh 3 (tiga) validator memperoleh nilai rata-rata validasi 3,75 dan berada pada kategori valid dan bisa digunakan; (2) Aspek kepraktisan menunjukkan bahwa observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata persentase 84, 78% dengan kriteria baik. Respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase yaitu 88,85% dengan kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa E-Leaflet yang dikembangkan praktis; dan (3) Aspek keefektifan menunjukkan bahwa observasi aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata persentase pada uji coba 85, 49% dengan kriteria baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa E-Leaflet yang dikembangkan efektif.

 

Kata kunci: pengembangan; media e-leaflet; budaya lokal gorontalo

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to describe the validity, practicality, and validity of E-Leaflet Media Based on Gorontalo Local Culture on Additive Material. Regarding the problems found at SMP Negeri 2 Suwawa, namely the learning method used is teacher-centred. Learning media has not been fully used and the learning does not take advantage of real situations in the students' environment or there has been no direct integration of learning related to local culture, so understanding the material being taught is difficult to digest, teachers also have not implemented E-leaflets in the science learning process. So that researchers can develop E-Leaflet media based on local Gorontalo culture. The results showed that (1) The validation results of the Local Culture Based E-Leaflet by 3 (three) validators obtained an average validation value of 3.75 and were in the valid and usable category; (2) The practicality aspect shows that the observation of the implementation of learning obtains an average percentage of 84,78% with good criteria. Student responses obtained an average percentage of 88,85% with very good criteria. The results obtained show that the developed E-Leaflet is practical; and (3) The aspect of effectiveness shows that the observation of students' activities obtains an average percentage in the tryout of 85,49% with good criteria. The results obtained indicate that the developed E-Leaflet is effective.

 

Keywords: development; e-leaflet media; gorontalo local culture


Keywords


development; e-leaflet media; gorontalo local culture

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T, & Ntobuo, E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26-31.

Arbie, A., Satri, S. F., Gede, D., Setiawan, E., Wahidin Nuayi, A., Trisnawaty, ), Buhungo, J., Salsabina, P., & Satri, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Orbita, 7(2), 394-399.

Buhungo, T. J., Mustapa, D. A., & Arbie, A. (2021). Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 147–152. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3079

Fadilah, A. D., Rizki Nurzakiyah, K. D., Atha Kanya, N. D., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01-17.

Fitrianingtyas, T., Maftuhah, H, Y., Untari, R., & Kunci, K. (2022). Upaya Meningkatkan Preatasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Kelas IV Sekolah Dasar. In Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 112-118. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Fu’jiyat, N., Kusumaningsih, W. & Aini, A. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berdasarkan Teori Bruner Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 108-114.

Khanday, Dr. M. A., Lone, Dr. N., Sidiq, Dr. M., & Qureshi, Dr. A. H. (2022). Impact of oral health education regarding an e-leaflet on children - brushing and diet guide for children during the COVID-19 pandemic. International Journal of Applied Dental Sciences, 8(1), 206–208. https://doi.org/10.22271/oral.2022.v8.i1d.1428

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Meiristanti, N., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Leaflet Berbasis Android sebagai Penunjang Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 56-67.

Meta, Y, D., & Sulystiowati, P. (2021). Pengembangan Media Leaflet Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional Pgsd Unikama, 5(11), 561-568. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Nurlindayani, E., Setiono, S., & Suhendar, S. (2020). Profil Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Metode Blended Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 55–62. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12813

Patra, S., Mahananingtyas, R. E., Yohanna, N., & Nurhayati, J. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 84-94. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Purnama, S, E, & Basri, S. (2021). Pengaruh Media Pembalajaran Leaflet Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 1-14.

Rizkia, P, R., Yansaputra, G, & Purworejo, U. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Budaya Lokal Purworejo Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 99-109. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2465

Safitri, A. N., Subiki, & Wahyuni, Sri. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22-29.

Yusuf, M, & Rahayu, R, S. (2019). International Journal of Active Learning The Implementation of Learning Device using Problem-Based Learning Model to Optimize Students’ Science Problem-Solving Skill. International Journal of Active Learning, 4(1), 66-70. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Mawati, A, & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1) 69-82.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan The Role Of Culture In The World Of Education. Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54-64. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita

Yunus, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Leaflet Sebagai Media Interaktif Terhadap Materi Hardware Di Sman 7 Kupang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 39-47.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.19322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: