EVALUASI PENINGKATAN GURU DALAM PENYUSUNAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERMUATAN KARAKTER

Ni Wayan Sri Darmayanti, I Wayan Suantara, Ni Putu Eni Astuti, Ni Komang Ayu Ulan Dari, Ni Ketut Sri Partini, Kadek Yuni Wulandari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan guru dalam menyusun panduan praktikum IPA bermuatan karakter. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan guru yang berjumlah 10 orang guru di SD N 7 Manukaya sebagai subjek penelitian dan evaluasi peningkatan guru dalam menyusun panduan praktikum IPA bermuatan karakter sebagai objek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket. Peneliti menggunakan analisis data menggunakan skala Gain Skor. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari evaluasi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun panduan praktikum IPA bermuatan karakter dari 10 orang guru, 8 guru memperoleh hasil efektif dan 2 guru kurang efektif dalam peningkatannya Secara keseluruhan rata-rata peningkatan N-Gain diperoleh hasil 0,7 dengan presentase tafsiran 72% dengan kategori cukup efektif dan kriteria skor gain sedang.

 

Kata kunci: panduan praktikum; ilmu pengetahuan alam; karakter.

 

ABSTRACT

This research aims to determine teacher improvement in preparing character-based science practicum guides. The type of research used in this research is a quantitative descriptive approach. The researcher used 10 teachers at SD N 7 Manukaya as research subjects and evaluated teacher improvement in compiling a science practicum guide containing character as the research object. The instrument used was a questionnaire. Researchers used data analysis using the Gain Score scale. The results of this research show that from the evaluation of the increase in teachers’ abilities in preparing science practicum guides containing character from 10 teachers, 8 teachers obtained effective results and 2 teachers were less effective in their improvement. Overall, the average increase in N-Gain was 0.7 with a percentage interpretation of 72% with the quite effective category and moderate gain score criteria.

 

Keywords: practical guide; natural sciences; analysis.


Keywords


practical guide; natural sciences; analysis.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni Siwi, D., Kurnia Sari, N., & Prasetya, K. (n.d.). DESAIN MODEL PRAKTIKUM IPA BERBASIS JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BENDOSARI.

Aprilia, L., Lestariningsih, N., Adah, A. ’, Raya, I. P., & Obos, J. G. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Interaksi Makhluk Hidup pada Siswa MTs Darul Amin Palangka Raya. In Journal of Biology Learning (Vol. 2, Issue 2). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/JBL/

Bili, M. (2021). Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Proseding Seminar Nasional Pedir Research Insitute Kupang.

Bundu, P., Patta, R., Sahabuddin, E. S., Latri, L., & Amran, M. (2022). Pelatihan Praktikum Kerja Ilmiah Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 125. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4707

Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. K. M. W. B., Sanjayanti, N. P. A. H., & Janawati, Dsk. Pt. A. (2021). Analisis Aspek Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Teks IPA Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16022

Firmansyah, V., Khoirunnisa, F., Septiani Silitonga, F., Raja Ali Haji Jl Politeknik Senggarang, M., & Riau Kode, K. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN MERANCANG EKSPERIMEN NEED ANALYSIS OF SCIENCE PROCESS SKILLS BASED PRACTICAL INSTRUCTION TO ACHIEVE EXPERIMENT DESIGN ABILITY. Jurnal Zarah, 7(1), 17–21.

Indriyana, K. M., Pujani, N. M., & Selamet, K. (n.d.). PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII.

Kadek Manis Arini, N., & Wayan Sri Darmayanti, N. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Panduan Praktikum IPA. 5(1).

Ketut Meitri, A., Wayan Sri Darmayanti, N., Dewa Ayu Ketut Meitri, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Markandeya Bali, I. (2022). I Dewa ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP MODUL PRAKTIKUM KELAS 5DI SD N 1 CEMPAGA. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan, 8(5).

Makhdum Noor, F., & Prasetyo, D. R. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN KIT SAINS SEDERHANA BAGI MGMP IPA BERORIENTASI PEMAHAMAN SAINS MEMANFAATKAN LIMBAH ANORGANIK PEMULUNG. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1931

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nur ’aini, A., & Diantoro, F. (2021). Penerapan Supervisi Pendidikan pada Praktikum IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Sains di Sekolah/Madrasah.

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546

Santika, G. N., Suastra, W., Bagus, I., & Arnyana, P. (207 C.E.). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA.

Sari Sofiyana, M., Sukhoiri Aswan, N., Munthe, B., Ajeng W, L., Jannah, R., Juhara, S., SK, T., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, A. R., Suaidah, I., Fitrisari, N., & Herman. (n.d.). Metodologi Penelitian Pendidikan Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1430

Teori, K., Hasil, D., Pendidikan, P., Dasar, S., Darmayanti, N. W. S., & Artikel, R. (2020). Jurnal Elementary KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH DASAR BERORIENTASIKAN LINGKUNGAN SEKITAR INFO ARTIKEL ABSTRAK. 3(2), 107–111. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2502

Thalib, A., Winarti, P., & Sani, N. K. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SERLI (DISCOVERY LEARNING) UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10817

Trisnawati, O. R. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN 2 KALENG TAHUN AJARAN 2017/2018 (Vol. 3, Issue 2).

Tuan, M. N., & Akbari, U. F. (2021). Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Proseding Seminar Nasional Pedir Research Insitute Kupang.

Wiwit Tahulending, A., Rumampuk, R., Aloanis, A., & Praktikum Bahan Alam Redoks B S T R A K, P. A. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Bahan Alam dengan Menggunakan Model ADDIE. 1(2), 61–65.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.19532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: