PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs N 1 MATARAM

Nursaida Nursaida, M Isnaini, N.W.S Darmayanti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pocket book berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi cahaya dan alat-alat optik kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui soal, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa bentuk dari media pocket book yaitu ukuran media pocket book 10 cm x 12 cm dan isisnya terdiri dari cover, materi cahaya dan alat-alat optik, contoh soal dan pembahasan, contohnya dalam kehidupan sehari-hari serta praktikum yang menggunakan alat-alat sederhana yang mudah di temukan dalam kehidupan sehari-hari. Di lihat dari kevalidannya media pocket book teruji kevalidannya baik dari segi ahli media maupun materi dimana untuk kriteria pendidikan 3 ahli dan praktisi memberikan nilai A, untuk kriteria tampilan 2 ahli dan 1 praktisi memberikan nilai A dan 1 ahli memberikan nilaki B, serta untuk kriteria teknis 3 ahli memberikn nilai A dan praktisi memberikan nilai B dan teruji keefektifannya karena berdasarkan taraf kesalahan 5% dari jumlah 36 siswa, maka diperoleh harga t tabel = 0, 68137. Ternyata harga t hitung lehih besar dari harga t tabel (5,145 > 0,68137). Menunjukan bahwa hipotesis (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima menyatakan ada perbedaan keterampilan proses sains sebelum dan setelah menggunakan media pocket book . Ini berarti media pembelajaran pocket book efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains masing-masing siswa.

 

Kata kunci: pocket book; keterampilan proses sains siswa.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to develop an experiment-based pocket book media to improve students' science process skills in light material and optical devices in class VIII MTs Negeri 1 Mataram. This research uses research and development (R&D) research methods. As the subject in this study were 36 students of class VIII MTs Negeri 1 Mataram. Data obtained through questions, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative to measure students' science process skills. Based on the research that has been carried out, it can be concluded that the shape of the pocket book media is the size of the pocket book media of 10 cm x 12 cm and the contents consist of covers, light material and optical devices, examples of questions and discussions, for example in everyday life and practicum. which uses simple tools that are easy to find in everyday life. Judging from the validity of the pocket book media, its validity has been tested both in terms of media experts and material where for the educational criteria 3 experts and practitioners give an A, for the appearance criteria 2 experts and 1 practitioner give an A and 1 expert gives B, as well as for technical criteria 3 experts gave an A and the practitioner gave a B value and its effectiveness was tested because based on the error level of 5% of the total 36 students, the t table price = 0.88137.It turned out that the t value was greater than the t table price (5.145> 0.68137 ). It shows that the hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, which states that there are differences in science processing skills before and after using pocket book media. This means that the pocket book learning media is effective in improving the science process skills of each student.

 

Keywords: pocket book; student science process skills.


Keywords


pocket book; student science process skills.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Cruz, A. P. S. (2013). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN. Journal of Chemical Information and Modeling.

Eliana, D. (2012). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5. Kes Mas.

Isnaini, M., Ramlah, R., & Erwinta, E. S. (2018). IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA MATARAM KELAS XI-A MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2017. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i1.6

Mikraj, A., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). PENGARUH BULETIN FISIKA BERBENTUK BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 BIMA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TAHUN PELAJARAN 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.894

Misdawati, M., Islahudin, I., & Isnaini, M. (2017). PENGEMBANGAN KARTU PINTAR FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1004

Prastowa, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rahmawati dkk. (2016). Pengembangan Buku Saku IPA terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar Di MTs. Unnes Science Education Journal.

Ramadhan, N., Utami, L. S., & Sabaryati, J. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSBUK (POSTER BUKU) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM NEWTON. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1002

Rosid Misbahyani. Firman Ramadhan, M. dan I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Animasi Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Qur’an Pagutan Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sabaryati, J., & Isnaini, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA BERBASIS KOMPUTERISASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ILMIAH MAHASISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.577

Setyono, Y., Karmin, S., & Wahyuningsih, D. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN FISIKAKELAS VIII MATERI GAYA DITINJAU DARI MINAT BACA SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Sulistyani, N., Jam, J., & Rahardjo, D. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA POCKET BOOK DAN TANPA POCKET BOOK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK MELINGKAR KELAS X. Jurnal Pendidikan Fisika.

Verawati. Putu, N. N. S. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pengembangan Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisik “Lensa,” 1(2).

Yuliyana, Fahtria dan Herlina, L. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Jurnal of Biology Education, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: