PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

Via Monica Devi, Susilawati Susilawati, I Wayan Gunada

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan. Dampak pandemi Covid-19 ini menuntut peserta didik maupun pendidik untuk dapat beradaptasi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Pada prosesnya, pembelajaran jarak jauh masih dianggap kurang efisien dalam pelaksanaannya terutama pada proses transfer materi ajar. Akibatnya banyak peserta didik yang mengabaikan pembelajaran. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan dilakukan pemilihan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini, sehingga perangkat pembelajaran yang digunakan perlu dilakukan pengembangan sebelum digunakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini adalah silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes kemampuan generik sains. Kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh berdasarkan validitas dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validator praktisi, kemudian kevalidan perangkat dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Selanjutnya, keefisienan perangkat ditentukan dari respon peserta didik dan respon guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata validitas diatas 3.26 dengan kategori sangat baik. Pembelajaran daring yang dilakukan berdasarkan respon peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik kurang puas sehingga pembelajaran daring yang dilakukan kurang efisien hal tersebut dikarenakan adanya beberapa kendala salah satunya adalah keterbatasan kuota internet peserta didik. Maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika model berbasis masalah pada materi elastisitas valid tetapi kurang efisien untuk digunakan dalam pembelajaran daring.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, generik sains.

 

ABSTRACT

The Covid-19 pandemic has had a significant impact on the world of education. The impact of the Covid-19 pandemic requires students and educators to be able to adapt in doing distance learning. In the process, distance learning is still considered inefficient in its implementation, especially in the process of transferring teaching materials. As a result, many students ignore learning. One of the efforts to overcome this problem is by selecting a learning model and method that is in accordance with the current conditions, so that the learning tools used need to be developed before use. This study uses a Research and Development (R&D) type of research with a 4D model consisting of four stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The tools developed in this study were the syllabus, lesson plans, student worksheet, and generic science proficiency test instruments. The validity of the developed device was obtained based on the validity of six validators, namely three expert validators and three practitioner validators, then the validity of the devices was analyzed using a Likert scale. Furthermore, the efficiency of the device is determined from the responses of students and teacher responses. Based on the results of the research that has been done, the average value of validity is above 3.26 with the very good category. Online learning that is carried out based on the responses of students shows that students are not satisfied so that online learning is not efficient because there are several obstacles, one of which is the limited internet quota of students. So it can be concluded that problem-based model physics learning tools on elasticity material are valid but less efficient for use in online learning.

 

Keywords: learning tools, problem-based learning, generic science.


Keywords


learning tools, problem-based learning, generic science.

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. R. (2014). Pengembangan Keterampilan Generik Sains Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(2), 253. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.58

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 38. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233

Harahap, R. S. I., Derlina, & Abidin, Z. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Batak. 8(1), 47–56.

Istianah, R., I.S, M.S, K., & Widodo, A. T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Sma. Journal of Innovative Science Education, 4(1), 1–10.

Jiniarti, B. E., Harjono, A., & Makhrus, M. (2019). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Virtual Eksperimen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Sustainability (Switzerland), 14(2), 25–30.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214–219.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains Antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2).

Sahidu, H. (2016). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Agra Puji Press.

Sudiarman, Soegimin, W., & Susantini, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar Topik Suhu dan Perubahannya. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 658–671.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pengembangan. Alfabeta.

Susdarwati, S., Sarwanto, S., & Cari, C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas X Sman 2 Mejayan. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(3), 1. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i3.9434

Suyanto, E., & Sartinem. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Peserta Didik dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Kemampuan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampungtle. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2009.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yahya, F., & Fitriyanto, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(3), 136–141.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189–200.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: