PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP AKTIVITAS DAN KESIAPAN BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 SUKOMORO

Chindy Beauty Sapbrina, Singgih Bektiarso, Sri Handono Budi Prastowo

Abstract


ABSTRAK

Prestasi siswa dalam pelajaran fisika rendah, hal ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas dan kesiapan belajar. Aktivitas dan kesiapan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti  minat dan motivasi,  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap aktivitas dan kesiapan belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian kausal konfirmatori yang bertujuan untuk menguji hipotesis sebab akibat. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukomoro dengan polulasi seluruh siswa kelas X, XI dan XII IPA sebanyak 327 siswa, dengan jumlah sampel 179 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan dengan tingkat keakuratan 95% dan batas toleransi 5%, instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM. Hasil analisis deskiptif menunjukan bahwa minat belajar, motivasi belajar, aktivitas belajar dan kesiapan belajar siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis SEM menunjukkan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar, minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kesiapan belajar, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kesiapan belajar.

 

Kata kunci: aktivitas belajar; kesiapan belajar; minat belajar; motivasi belajar

 

ABSTRACT

Student achievement in physics lessons is low, this is due to low activity and learning readiness. Activities and learning readiness are influenced by internal and external factors such as interest and motivation. This study aims to determine the effect of learning interest and learning motivation on activities and learning readiness. This research is a type of quantitative research, with a confirmatory causal research design that aims to test the causal hypothesis. The research was conducted at SMAN 1 Sukomoro with a total population of 327 students of class X, XI and XII IPA, with a total sample of 179 students. Sampling using the Slovin formula with an accuracy level of 95% and a tolerance limit of 5%, the instrument used was a questionnaire with a Likert scale. The analysis used is descriptive analysis and SEM analysis. The results of descriptive analysis show that interest in learning, learning motivation, learning activities and student readiness are in the medium category. SEM analysis results show that learning interest has a significant effect on learning activities, learning interest has a significant effect on learning readiness, learning motivation has a significant effect on learning activities, learning motivation has a significant effect on learning readiness.

 

Keywords: learning activities; learning readiness; interest in learning; learning motivation


Keywords


learning activities; learning readiness; interest in learning; learning motivation

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Prasetyo, J. T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Alawiyah, L. (2013). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Matematika Kelas VIII Di Mts Negeri Gegesik. Skripsi.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bektiarso, S. (2015). Stategi Pembelajaran. Yogyakarta : LaksBag PRESSindo.

Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Dalyonoo, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ferdinan, A. (2014). Structural Equation Modeling (5th ed.). Semarang : Seri Pustaka Kunci.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 02(01), 74–84.

Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Jumasrin. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 25(1), 84–107.

Junianti, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajaar Siswa Kelas XII Akutansi SMK Yasebha Pada Mata Pelajaraan Praktikum Akutansi Perusahaan Jasa, Dgang dan Manufaktur. Skripsi.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang : Universitas Islam Negeri Malang.

Kusuma, P. Y., & Muhsin. (2013). Pengaruh motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, dan bahan ajar terhadap kesiapan belajar. 2(1), 18–23.

Ma’shumah, F., & Muhsin. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Cara Belajar Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kesiapan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 318–332.

Meilon, B., Mariani, S., & Semarang, U. N. (2019). Analysis of Mathematical Representation Skills Based on Student Learning Activities in Hands on Activity Assisted PBL Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 213–219. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sleman : Dee Publish.

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 36–40. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Ratnawati, A., & Marimin. (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif Ap Di Smk Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 77–82.

Riyanti, F., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1083–1099. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28341

Rozai, A. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Geografi XI IPS SMAN 5 Bandar Lampung. Skripsi.

Sabatina, D. (2014). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di Tinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaaran 2013/2014 Surakarta. Skripsi.

Safari, M. . (2003). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Dapartemen Pendidikan Nasional.

Sagala, H. (2020). Pemberian Motivasi dalam Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi.

Sears, & Zemansky. (2002). Fisika Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Didimensi Oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi, 6(2), 94–113.

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103–117.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yanida, A. F., & Pramusinto, H. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Mengelola Peralatan Kantor Di Smk Nu 01 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 516–522.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: