ANALISIS JUMLAH MUATAN LISTRIK SERTA ENERGI PADA KAPASITOR BERDASARKAN KONSTANTA DIELEKTRIK SUATU MATERIAL

Sinta Marito Siagian, Gede Wiratma Jaya, Indah Nurhidayati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai muatan listrik, nilai kapasitor yang dirangkai secara seri dan paralel kemudian nilai energi yang tersimpan pada kapasitor berdasarkan jenis-jenis material dengan konstanta dielektrik yang telah ditentukan. Metode yang dilakukan adalah mengkaji masing-masing nilai tersebut berdasarkan konstanta dielektrik dengan perhitungan matematis berbantuan Microsoft excel untuk menghasilkan grafiknya. Adapun tegangan yang digunakan pada metode ini adalah 20, 40, 60 dan 100 volt dan material yang dianalisis antara lain kaca, udara, mika, kertas dan polystiren. Analisis dilakukan menggunakan analisis kuantitatif yang memanfaatkan data berupa angka yang dipresentasikan melalui grafik. Ditemukan hasil perhitungan matematis bahwa kaca memiliki jumlah muatan yang lebih besar dibandingkan dengan material yang lainnya. pada saat dirangkaiakan secara seri dan paralel diperoleh bahwa jumlah muatan kapasitor yang dirangkaiakan secara paralel jauh lebih besar dibandingkan seri, energi yang tersimpan pada kapasitor yang dirangkaikan secara paralel juga memiliki nilai yang besar dari pada kapasitor yang dirangkai secara seri.

 

Kata kunci: kapasitor; konstata dielektrik; tegangan.

 

ABSTRACT

This research aims are to analyze the value of the electric charge, the value of the capacitor connected in series and paralel then the energy value stored in the capacitor based on the types of materials with determined a dielectric constant. The method used  to examine each of these values based on the dielectric constant with mathematical calculations assisted by Microsoft Excel to produce the graph. The voltages used on this methode are 20, 40, 60, and 100. The analysis using quantitative analysis that utilizes data in the form of numbers presented through graphs. It has been studied based on the physical formulation of the value of an electric charge against the dielectric constant of glass, air, mica, paper and polystyrene. It was found that the results of mathematical calculations show that glass has a greater amount of charge compared to other materials. When assembled in series and paralel, it is found that the amount of charge on the capacitor connected in paralel is much greater than in series, the energy stored in the capacitor connected in paralel also has a greater value than the capacitor connected in series.

 

Keywords: capasitor; dielectric constant; voltage.


Keywords


capasitor; dielectric constant; voltage.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2017). Fisika Dasar II. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Basorudin, B., dan Irawan, A. (2017). Aplikasi Perhitungan Kapasitor Surface Mount Device. Riau Journal Of Computer Science 3, pp. 49-62.

Cahyono, B.E., Misto, M., dan Arviah, H.R. (2017). Analisa Kualitas Semen Melalui Pengukuran Konstanta Dielektrik dan Resitivitas. Jurnal Rekayasa Energi Manufaktur 2, pp. 57-61.

Nurmasyitah, N. (2017). PENENTUAN KONSTANTA DIELEKTRIK AKRILIK. Jurnal Jeumpa, 4(2), 50-54.

Rimafatin, N, Cahyono, B.E., dan Misto, M. (2019). Analisis Hubungan Suhu dan Frekuensi Terhadap Sifat Listrik Hewani. Jurnal Fisika Flux 16, pp. 78-83.

Supriyadi, S. (2016). Konstanta Dielektrik Bahan Kertas Karton Pada Keping Sejajar. Jurnal Fisika Unnes, 4(2), 79886.

Tipler, P. A., & Soegijono, B. (2001). Fisika: untuk sains dan teknik, jilid 2.

Yakin, K. (2019). Teori dasar listrik dan rangkaiannya. In: Literasi Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: