STUDI META ANALISIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Reny Dwi Astutik, Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh problem based learning dalam pembelajaran fisika yang ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, hasil penelitian atau variabel respon, materi, dan media yang digunakan. Metode penelitian ini menggunakan meta analisis. Adapun alur penelitian meta analisis adalah menentukan topik penelitian, menetapkan kriteria pemilihan data, mencari data, mengelompokkan informasi data, kemudian menganalisis data dan menyimpulkan. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu berupa 23 artikel publikasi ilmiah. Teknik analisis data menggunakan besaran effect size. Hasil meta analisis ini menyimpulkan bahwa penerapan problem based learning berpengaruh besar dalam pembelajaran fisika dengan nilai effect size rata-rata sebesar 0,524. Penerapan problem based learning dalam pembelajaran fisika berpengaruh besar apabila diterapkan pada jenjang perguruan tinggi, menghasilkan output meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, menggunakan pokok bahasan cahaya, dan dibantu media pembelajaran secara virtual berupa video based laboratory.

 

Kata kunci: meta analisis; problem based learning; pembelajaran fisika.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of problem-based learning in physics learning that is reviewed as overall, school level, research results or response variables, subject matter, and the media used. This research method uses meta-analysis. The meta-analysis research stage is to determine the research topic, determine data selection criteria, search for data, classify data information, then analyze the data and making conclusion. The data collection technique uses secondary data from previous research of 23 scientific publication articles. The data analysis technique uses the effect size. The results of this meta-analysis concluded that the implementation of problem-based learning had a great effect on learning physics with an average effect size of 0.524. The application of problem-based learning in physics learning had a great effect when applied at the tertiary level, increasing creative thinking skills, using light as the subject matter, and assisted by virtual learning media in the form of a video-based laboratory.

 

Keywords: meta-analysis; problem-based learning; physics learning.


Keywords


meta-analysis; problem-based learning; physics learning.

Full Text:

PDF

References


Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill Companies.

Astuti, I. R. W., & Supardiyono. (2019). Penerapan Problem Based Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Inovasi Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika, 8(3), 766–769.

Azninda, H., & Setyarsih, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Strategi Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 347–352.

BSNP. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. In Jakarta: BSNP.

Cooper, H., Hedges, L. V, & Valentine, J. C. (2019). The handbook of research synthesis and meta-analysis. Russell Sage Foundation.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Edens, K. M. (2000). Preparing problem solvers for the 21st century through problem-based learning. College Teaching, 48(2), 55–60.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPA, 6(2), 66–76.

Hartati, R. (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Edusains, 8(1), 90–97.

Haryanti, I. H., & Setyarsih, W. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Strategi PDEODE untuk Melatihkan Problem Solving Skills Peserta Didik di SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1–5.

Hidaayatullaah, H. N., & Dwikoranto. (2019). Implementasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Problem Solving Fisika Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika, 8(2), 712–715.

Kadir, K. (2017). Meta-Analysis of the Effect of Learning Intervention Toward Mathematical Thinking on Research and Publication of Student. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 162–175.

Kadir, Milama, B., & Khairunnisa. (2013). Meta-analisis efektivitas pendekatan problem solving dalam pembelajaran sains dan matematika. Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mayasari, T., Kadarohman, A., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? jurnal pendidikan fisika dan keilmuan, 2(1), 48–55.

Merriyana, R. (2006). Meta analisis penelitian alternatif bagi guru. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(06), 102–106.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89–99.

Najib, I. A., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(1), 116912.

National Education Association. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “Four Cs.” In Alexandria, VA: National Education Association.

Nurhasanah, L. S., & Haratua, T. M. S. (2017). Pengaruh Problem Based Learning Pada Hasil Belajar Fisika: Sebuah Meta-Analisis Artikel Jurnal Online Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3).

Permatasari, N. Y., & Jauhariyah, M. N. R. (2020). The Students’problem-Solving Skills Improvement By Using Integration Of Means-Ends Analysis On Problem-Based Learning Model. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 229–235.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 503–511.

Putri, E. A. K., & Jatmiko, B. (2018). Implementation Of Problem Based Learning In Dynamic Fluid Lesson To Increase Problem Solving Skill Student’s Clas XI On Sman 1 Jember. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(1), 21–27.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64.

Sari, I. N., Wahyudi, W., & Hendrias, H. (2017). Application of problem based learning model to learning outcomes of student in light matter in the class VIII SMP Negeri 1 Ledo kabupaten Bengkayang. Journal of Physics: Theories and Applications, 1(1), 75–82.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1–26.

Wartono, W., Diantoro, M., & Bartlolona, J. R. (2018). Influence of problem based learning model on student creative thinking on elasticity topics a material. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 32–39.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: