EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

Mega Ilyasa Mega, Yanti Sofi Makiyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penulisan ini yaitu untuk mendeksripsikan efektivitas modul pembelajaran berbasis problem based learning dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dinamika rotasi. Jenis penilitian yang digunakan yaitu peneliian eksperimen. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI MIPA SMAN Taraju dengan menggunakan desain penelitian One Group Pre test-Post test. Kemudian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah menggunakan desain One Group Pre test-Post test dan memperoleh nilai efek size sebesar 3.19 sehingga menunjukan bahwa terjadi peningkatan dengan taraf atau kriteria sangat besar serta dilakukan uji t-test dan mendapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 17,77 > 2,86 Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menghasilkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang layak pada materi dinamika rotasi dan juga dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.

 

Kata kunci: problem based learning; keterampilan pemecahan masalah; dinamika rotasi.

 

ABSTRACT.

The purpose of this paper is to describe the effectiveness of problem-based learning modules in physics learning to improve students' problem-solving abilities in the rotational dynamics material. The type of research used is experimental research. This research was conducted on class XI MIPA students of SMAN Taraju by using the research design One Group Pre-test-Post test. Then to measure the problem solving ability using the One Group Pre-test-Post test design and obtain an effect size value of 3.19 so that it shows that there is an increase with a very large level or criteria and a t-test is carried out and gets the results of tcount> ttable, namely 17.77> 2.86 So, it can be concluded that this study can produce a problem-based learning module that is feasible on the rotational dynamics material and can also help improve students' problem-solving abilities.

 

Keywords: problem based learning; problem solving skills; rotational dynamics.

 

Keywords


problem based learning; problem solving skills; rotational dynamics.

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Yuliati, L., & M. (2013). Learning (APBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. universitas negeri malang.

Arends, R. (2013). Belajar untuk Mengajar. Terjemahan Made Frida Yulia. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Dulari. (2015). Pengembangan Media Tutorial Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 1 Malang. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY.

Hudha, M. N., Aji, S. D., & Permatasari, A. (2012). AUTHENTHIC PROBLEM BASED LEARNING ( aPBL ). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(1), 64–70.

Makiyah, Yanti Sofi, D. (2021). Hubungan keterampilan komunikasi abad 21 dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika. Journal of Teaching and Learning Physic, 6 (1), 1–10.

Mukhopadhyay, R. (2013). Problem Solving In Science Learning-Some Important Considerations of a Teacher. IOSR of Humananities and Social Science, 8(6), 21–25.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sujanem, R., Suwindra, I. N. P., & Tika, I. K. (2012). INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS I SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2), 97–104.

Susilana, Rudi dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: