META ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah 15 artikel yang telah dipublikasi oleh beberapa jurnal di Indonesia tentang pengaruh media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian kode (coding). Metode dari analisis informasi menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pedoman effect size. Setelah mendapatkan nilai effect size, nilai tersebut kemudian dapat dimasukan ke dalam tingkatan atau kategori effect size. Hasil analisis data diperoleh rata-rata effect size media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar yaitu 1,36 dengan kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata effect size bahan ajar elektronik terhadap pemahaman konsep siswa yaitu 1,49 dengan kategori sangat tinggi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik memiliki pengaruh sangat tinggi dalam meningkatkan hasil belajar serta pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: media pembelajaran elektronik; meta-analisis; effect size.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of the Physics E-Learning Media on students physics learning outcomes and conceptual understandings. The type of this research is meta-analysis research. The subjects of this research are 15 articles that have been published by several journals Indonesia about the use of the Physics E-Learning Media. The research instrument used is coding. The method of information analysis uses quantitative descriptive analysis with effect size guidelines. After getting the effect size value, then the effect size can be categorized into effect size levels or categories. The results of data analysis obtained that the average effect size of electronic learning media on learning outcomes was 1.36 with a very high category, while the average effect size of electronic teaching materials on students' understanding of concepts was 1.49 with a very high category. The results of this analysis indicate that electronic teaching materials have a very high influence in improving student learning outcomes and understanding of students' concepts.
Keywords: e-learning media; meta-analysis; effect size.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, R., Asrizal dan Festiyed. (2021). Analisis Effect Size Penggunaan Modul dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Volume 8 No 1, 85-98
Azizah, Safura Rizki., Agus Suyatna dan Ismu Wahyudi. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Schoology terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung
Anori, Soraya., Amali Putra dan Asrizal. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education 1, 104-111
Babo, Muhammad Riska. (2013). Pembelajaran berbasis Web. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hidayat, Muh Yusuf., dan Ayu Andira. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantukan Media Schoology terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2)
Kahar, Muhammad. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Offline terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS DDI Cilellang. UIN Alauddin Makassar
Kurniawan, Fatwa Aji. (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Paguyangan pada Mata Pelajaran Fisika Pokok bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains, 6 (1), 1-7
Liona, Anofa., Yenni Darvina dan Pakhrur Razi. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Web Based Learning Social Media Design terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kubung Solok. Phillar of Physics Education 7, 137-144
Manarfah, Laode., Jasruddin, dan Palloan Pariabti. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Model Watampone. Seminar Nasional Fisika 2018
Mulyani, Wiwi. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Impuls dan Momentum. UIN Syarif Hidayatullah
Rahra, Sutan Moh., Asri Arbie dan Trisnawaty J Buhungo. (2021). Pengaruh Google Classroom Berbasis Web dengan Implementasi Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 11 (2)
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, K., Djidu, H., dan Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (Edisi 1). Yogyakarta: Parama Publishing
Safrina, Iin. (2014). Pengaruh Modul Digital Interaktif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. UIN Syarif Hidayatullah
Sakti, Indra., Yuniar Mega Puspasari dan Eko Risdianto. (2012). Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta 10 (1)
Simamora, Fince Grasella., Chandra Ertikanto dan Ismu Wahyudi. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis LCDS terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung
Susilawati., dan Intan Wulan Sari. (2019). Pembelajaran Fisika Berbantukan Media Sosial Facebook dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika (JFP), 7 (1)
Susilawati, Susilawati., Pramusinta Pramusinta dan Ernawati Saptaningrum. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-modul Gerak Lurus dengan Software Flipbook Maker. Unnes Physics Education Journal 9 (1)
Yani, Ahmad. (2017). Pengaruh Media Model Hybrid Berbasis Web Whanced Course terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 13 (3), 224-230
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: