PENGEMBANGAN E-MODUL FLUIDA UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL

Mutia Nanda Sari, Muhammad Daud, Faradhillah Faradhillah

Abstract


ABSTRAK

Beberapa faktor yang membuat pembelajaran fisika belum maksimal adalah siswa menganggap pelajaran fisika menjenuhkan dan kurang menarik dikarenakan proses pembelajaran masih berpangku kepada guru, dimana siswa cuma mendengarkan, bertanya, dan menyelesaikan soal. Di samping juga bahan ajar yang dipakai masih kurang menarik sehingga siswa justru masih mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran tersebut. Sementara itu, siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang dilengkapi dengan animasi ataupun media lain untuk penunjang pembelajaran, agar tidak menimbulkan kejenuhan atau pembelajaran yang monoton dan sulit dipahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan produk e-modul fluida menggunakan aplikasi Flip PDF Professional serta mengetahui kelayakannya (komponen isi, komponen kebahasaan, dan komponen kualitas penyajian), kemenarikan dan kemudahannya; dan efektifitasnya terhadap pemahaman konsep siswa mengenai materi fluida. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kombinasi desain sequential exploratory dengan metode pre-experimental design one-group pretest-posttest design serta ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul fluida yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dimana persentase sangat valid untuk komponen isi 91,07%, komponen kebahasaan 90,83%, dan kualitas penyajian 88,33%. Adapun kemenarikan dan kemudahan produk menurut para guru adalah 87,5% sangat menarik dan 87,5% sangat memudahkan, dan menurut para siswa diperoleh 93,41% sangat menarik dan 90,62% sangat memudahkan. Sedangkan efektifitas e-modul diuji dengan paired sampel T test yang diperoleh nilai significance (2-tailed) 0,000 < 0,15 sehingga berarti bahwa penggunaan e-modul fluida yang telah dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional efektif digunakan saat proses pembelajaran untuk pemahaman konsep siswa.

 

Kata kunci: e-modul; flip pdf professional; fluida; pemahaman konsep.

 

ABSTRACT

Some of the factors that make physics learning not maximized are students think physics lessons are boring and less interesting because the learning process still relies on the teacher, where students only listen, ask questions, and solve problems. In addition, the teaching materials used are still less attractive so that students still have difficulty understanding the learning materials. Meanwhile, students expect teaching materials that are equipped with animation or other media to support learning, so as not to cause boredom or monotonous and difficult to understand learning. Therefore, this study aims to develop a fluid e-module product using the Flip PDF Professional application and determine its feasibility (content components, language components, and presentation quality components), attractiveness and convenience; and its effectiveness in understanding students' concepts of fluid material. The research approach used is a combination of sequential exploratory design with pre-experimental design methods, one-group pretest-posttest design and ADDIE. The results showed that the fluid e-module product that had been developed was feasible to use where the percentage was very valid for the content component 91.07%, the linguistic component 90.83%, and the presentation quality 88.33%. The attractiveness and convenience of the product according to the teachers were 87.5% very interesting and 87.5% very easy, and according to the students, 93.41% was very interesting and 90.62% very easy. While the effectiveness of the e-module was tested with a paired sample T test, the value of significance (2-tailed) was 0.000 < 0.15, which means that the use of fluid e-modules that have been developed using the Flip PDF Professional application is effectively used during the learning process for understanding student concepts.

 

Keywords: e-modul; flip pdf professional; fluid; conceptual understanding.


Keywords


e-modul; flip pdf professional; fluid; conceptual understanding.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Ke 2). PT. Bumi Aksara.

Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Proyek Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUTECH, 7, 54–65.

Fitri, L. A., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 3(1), 19–23.

Gunadharma, A. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Artikel Ilmiah Tugas Akhir.

Gunamantha, I. M., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2021). Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 165–174.

Mulyani, R. A., Serevina, V., Studi, P., Fisika, P., & Jakarta, U. N. (2016). Pengembangan Lks Fisika Berbasis Starter Experiment Approach (Sea) Pada Materi Karakteristik Gelombang. E-Journal Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5, 69–74. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305010215

Nurdyansyah, & Mutala’liah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 20, 1–10.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(2), 40–49.

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Jurnal, 4(2), 919–926.

Septiana, E. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Masalah Menggunakan Flip pdf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA.

Setiani, E., Sesunan, F., & Nyeneng, I. D. P. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis predict-observe-explain (poe) pada materi fluida dinamis. 147–159.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 300–305.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminar Nasional Fisika (SNF), 124–129.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yasa, A. D. (2018). E-Module Based On Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering & Technology, 286–289.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: