PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 PADA POKOK BAHASAN SIFAT ELASTISITAS BAHAN KELAS XI SMA

Linda Sekar Utami, Zulkarnain Zulkarnain, Nuratun Nuratun, Harman Suhadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah; Menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan, kualitas produk yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 97% berdasarkan penilaian ahli materi, 80% oleh ahli media dalam kategori layak, respon peserta didik kelas XI pada media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan dengan persentase 87,75%  dengan kategori sangat layak, dan Peningkatan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan setelah siswa menggunakan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 adalah sedang, dilihat dari nilai gain rata-rata kelas sebesar 0,62 atau dalam ketegori sedang.

 

Kata kunci: media pembelajaran; macromedia flash pro 8; sifat elastisitas bahan.

 

ABSTRAK

This study discusses the development of physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of the elasticity properties of class XI high school materials. This research was carried out using the Research and Development (R&D) research method with a 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Meanwhile, data collection was carried out by means of questionnaires and student learning outcomes tests. The results of this study were; Produce a product in the form of physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of the elasticity of the materials, the quality of the product that has been developed is very feasible with a percentage of 97% based on the assessment of material experts, 80% by media experts in the appropriate category, the response of class XI students on physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of material elasticity properties with a percentage of 87,75% with a very decent category, and an increase in understanding of physics concepts on the subject of material elasticity properties after students use physics learning media based on macromedia flash pro 8 is moderate, seen from the class average gain value of 0,62 or in the medium category.

 

Keywords: learning media; macromedia flash pro 8; elasticity of materials.

 

Keywords


learning media; macromedia flash pro 8; elasticity of materials.

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2),79. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf

Agustina, Putri. (2011). Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.

Ardiansyah, N. (2013). Tutorial Macromedia Flash Profesional 8 untuk Pemula. Buku Elektronik.

Arsyad, Azhar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2016). Media Dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34–46.

Aththibby, A. R., & Ishafit, D. (2010). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Skripsi Ilmu Pendidikan.

Bahtiar. (2010). Fisika Dasar 1. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

David, Bern. (1991). Teaching with media, a paper presented at Technology and Education Conference in Athens, Greece.

Darmawan, D. (2016). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 108.

Giancoli, Dauglas C. (2001). Fisika jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. (1994). Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Joyce Bruce. Et al,. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kusrianto, Adi. (2006). Macromedia Flash Professional 8. Jakarta: PT Elex Media.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) Oleh. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Panjaitan, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tambusai Rokan Hulu Riau. Universitas Pasir Pengaraian.

Purwono, J., Yutmini, S., & Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–128.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (1990). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tipler, Paul A. (1998). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga, hal.155-156.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta.

Undang-undang Guru dan Dosen No 14 tahun 2005. (2008). Jakarta:Sinar.

Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003. (2008). Jakarta:Sinar Grafika.

Young, Hugh D., & Roger A.Freedman. (2002). Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.8859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: