Implementasi Model Kontekstual pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Formal dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter

Us’an Us’an, Waharjani Waharjani

Abstract


Abstrak: Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting memberi pemahaman agama kepada siswanya, karena PAI menjadi bagian mata pelajaran yang dimasukkan ke dalam kurikulum. Pendidikan PAI bertujuan mengembangkan seluruh potensi peserta didik lahir dan batin agar terbentuk manusia seutuhnya. Manusia seutuhnya yang dimaksud manusia yang terbentuk karakternya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pendidik ialah menerapkan niali-nilai pendidikan karakter berdasarkan tafsir surat Luqman ayat 12-19. Dalam proses pembelajaran, pendidik perlu menerapkannya dengan menggunakan model kontekstual, supaya siswa memahami secara mendalam apa yang dipelajarinya. Penelitian ini menggunakan kualitatif melalui literatur rivew atau library research, dimana data-data yang diperoleh melalui data primer dan sekunder. Setelah data terkumpul, kemudian dideskripsikan dan membuat kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran kotekstual bisa diterapkan oleh guru, dan membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman pendidikan agama mereka. Dengan metode ini manfaat yang didapatkan adalah siswa mampu menjelaskan, mempresentasikan, memahami, dan mendemonstrasikan apa yang sedang dipelajarinya.

Abstrac: Islamic Religious Education teachers have an important role in providing religious understanding to their students, because PAI is part of the subjects included in the curriculum. PAI education aims to develop all the potential of students physically and mentally in order to form a complete human being. Whole human is meant by human being whose character is formed. One of the efforts that educators can do is to apply the values of character education based on the interpretation of Luqman's letter verses 12-19. In the learning process, educators need to apply it by using a contextual model, so that students understand in depth what they are learning. This study uses qualitative research through literature review or library research, where the data obtained through primary and secondary data. After the data has been collected, it is described and concluded. Based on this research, the contextual learning model can be applied by teachers, and helps students in increasing their understanding of religious education. With this method the benefits obtained are that students are able to explain, present, understand, and demonstrate what they are learning.


Keywords


Pendidikan Agama Islam; Tafsir Surat Luqman; Nilai-nilai karakter; contekstual Learning.

Full Text:

PDF

References


Al-Maraghi, A. M. (1994). TAFSIR AL-MARAGHI. Mustafa Al-Babi Al-Halabi.

As-Sirjani, R. (2009). Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia (2nd ed.). Pustaka Al-Kautsar.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat (1st ed.). Kencana.

Erlinda, & Mulyadi, S. (2017). Melindungi dan Mendidik Anak Dengan Cinta. Erlangga.

Gani, R. A., Sepiah, Supradiyono, Alawiyah, T., & Kania, I. R. (2021). Konsep Pendidikan Islam dalam Al-Quran; Telaah Terhadap Surat Luqman Ayat 12-19. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, Vol.1 Issu, 148–149.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Haulid. (2021). Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs. Al-Ikhlas Mentigi. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 8 No., 553.

M, Z., & Rasid Harahap. (2020). Prospek Pembelajaran Aqidah Akhlak Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Di Sekolah Dasar. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, Vol. 1, No, 48.

Marlina, M. E. (2013). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. JUPIIS, Vol.5 No.2, 28.

Nasir, M. (2018). Internalisasi Nilai Akhlak Anak Menurut Surat Al-Luqman. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 10, 69.

Qamar, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cakrawala Islam.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem (XI). Pustaka Pelajar.

Sutarman. (2020). Model Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah. Tunas Gemilang Press.

Us’an. (2021). Hak Pendidikan: Refleksi Ragam Pendidikan dari Masa Pranatal, Pendidikan Akhlak, hingga Implmentasinya. Pustaka Ilmu.

Zubaidi. (2012). Isu-isu Baru dalam Diskursus: Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.12002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Us’an, Waharjani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: