Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Hairunnisa Hairunnisa, Besse Intan Permatasari, Moch. Alipatan, Nurismiyati Nurismiyati

Abstract


Abstrak: Salah satu tujuan pembelajaran adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Meski demikian beberapa siswa belum mampu memecahkan masalah matematika dengan mengandalkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.1, VIII.3, dan VIII.4 dengan total 89 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket kemandirian belajar siswa 27 pernyataan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika 5 soal uraian pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjuukan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024 dengan persamaan regresi Y = 16,227 + 0,890 X. .Temuan peneltian ini dapat menjadi landasan untuk meningkatkan kemandirian belajar agar dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Abstract: One of mathematics learning objective is to enable students to solve mathematical problem. However, some students have not be able to solve mathematical problems by relying on their own knowledge and skills. This quantitative research aims to determine the effect of independent learning on the mathematical problem-solving abilities of class VIII students at SMP Negeri 8 Balikpapan for the 2023/2024 academic year. The population in this study were all of students in class VIII of SMP Negeri 8 Balikpapan for the 2023/2024 academic year, distributed in 10 classes. The sample in this study was students of classes VIII.1, VIII.3, and VIII.4 in total of 89 students selected using a cluster random sampling technique. Data was collected using a student-learning-independence-questionnaire consisting 27 statements, and a mathematical problem-solving ability test consisting 5 questions of systems of linear equations in two variables. The data analysis technique used in this research is simple linear regression. The results of this research show that there is an influence of independent learning on the mathematical problem-solving abilities of class VIII students at SMP Negeri 8 Balikpapan for the 2023/2024 academic year with the regression equation Y = 16.227 + 0.890. Research findings can be basis for increasing learning independence in order to develop mathematical problem solving abilities.


Keywords


Learning Independence; Problem Solving Ability; Problem.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abrar, A. I. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Pekalongan: Penerbit NEM.

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. ALOGARITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(2), 145–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819 Naskah

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646

Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing problem-solving skills in mathematics: a lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 32–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2016-0032

Ermita, J. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4971

Hafifa, S. N., Nurfitriyanti, M., & ... (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 75–82. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5518

Karolina Kokan. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 2 Waigete Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(3), 32–43. https://doi.org/10.58738/compass.v1i3.431

Kurniawati, N. D. L. (2017). Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 525–532.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). An Introduction to Educational Policy Research. In Education and Urban Society. Jossey-Bass. https://doi.org/10.1177/001312457500700301

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89.

Putera, I. K. J. A., Payadnya, I. P. A. A., & Puspadewi, K. R. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Senama PGRI, 1, 71–79. https://doi.org/10.5281/zenodo.3376431

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hairunnisa, Besse Intan permatasari, Moch. Alipatan, Nurismiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: