Efektivitas Penerapan Learning Management System Berbasis Moodle Terhadap Partisipasi Belajar Siswa MIN 01 Kota Madiun

Erina Ratnaning Tiastuti, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti, Widyarini Susilo Putri

Abstract


Abstrak: LMS menjadi salah satu alternatif teknologi media digital yang bisa memberikan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penggunaan LMS tentunya akan menjadikan siswa lebih interaktif dan komunikatif sehingga partisipasi belajar siswa juga akan tinggi. Tujuan dilakukan penelitian ini agar diketahui efektivitas penerapan LMS Berbasis Moodle terhadap partisipasi belajar siswa MIN 01 Kota Madiun. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada kelas VI dengan jumlah populasi 247 siswa sedangkan jumlah sampel penelitian 153 siswa. Metode angket atau kuesioner sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan perhitungan, t hitung = 43,217 > t tabel = 1,9 dan didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh atau efektivitas yang signifikan dari penerapan LMS Berbasis Moodle terhadap partisipasi belajar siswa. Selain itu, diperoleh hasil bahwa R2 = 0, 925 atau 92,5% yang berarti bahwa penerapan LMS Berbasis Moodle efektif meningkatkan partisipasi belajar siswa sebesar 92,5%.

Abstract: LMS is an alternative digital media technology that can provide a creative and innovative learning process. The use of LMS will certainly make students more interactive and communicative so that student learning participation will also be high. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application of Moodle-based LMS on the learning participation of MIN 01 Madiun City students. The study used a survey method with a quantitative descriptive approach. The research was conducted in class VI with a population of 247 students while the number of research samples was 153 students. Questionnaire method as a data collection technique in this study. Based on the calculation, t count = 43.217> t table = 1.9 and supported by a significance value of 0.000 <0.05. So there is a significant influence or effectiveness of the application of Moodle-based LMS on student learning participation. In addition, the result shows that R2 = 0, 925 or 92.5%, which means that the application of Moodle-based LMS effectively increases student learning participation by 92.5%.


Keywords


Learning Management System; LMS; Moodle; Student learning participation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al-Mamary, Y. H. S. (2022). Why do students adopt and use Learning Management Systems?: Insights from Saudi Arabia. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100088

Amrah, A., Nurfaizah, N., Suarlin, S., Khaerunnisa, K., & Bahar, B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Penddikan Pancasila Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Mahasiswa PGSD. Publikasi Pendidikan, 12(1), 67–74. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.23968

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101

Fatmawati, S. (2019). Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 210–216. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3379

Firdaus, M. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. Dotplus Publisher.

Hameed, T., & Swar, B. (2016). Information systems acquisition decisions: Learning management system of SolBridge. Journal of Information Technology Teaching Cases, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.1057/s41266-016-0006-y

Haydar, A., Priharsari, D., & Wicaksono, S. (2022). Analisis Learning Management System terhadap Pengalaman Mahasiswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(10), 4638–4645. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11644

Hidayati, S. U., & Maslikhah, M. (2022). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas IV MI Mangunsari Salatiga. Quality, 10(2), 307. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.15665

Iskandar, I. (2017). Peningkatan Partisipasi Aktif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.E Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 46. https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.210

Khanif, R. (2021). Pemanfaatan learning management system dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Murung Raya. IAIN Palangka Raya.

Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 01(02), 46–54.

Kuntarto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja, 1–26.

Rosidah, Y., Halimah, M., & Rokhayati, A. (2014). Pengaruh Metode Teams Games Tournament Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sd. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4686

Sadiah, H. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Ppkn Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Di SMAN 11 Garut. Journal Civics and Social Studies, 4(1), 81–94.

Septia, F. (2019). Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.21009/9.2.1.2009

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.

Surip, N. A., Razak, K. A., & Tamuri, A. H. (2019). Determining content validity instruments Shura elements among Islamic teachers in primary schools. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(4), 1120–1131.

Viaren, M., & Taali, T. (2022). Efektivitas Pembelajaran menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.196

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erina Ratnaning Tiastuti, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti, Widyarini Susilo Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: