Implementasi Model Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Zeni Alifta, Vidhy Andika Setyaningrum, Teguh Imam Triyono

Abstract


Abstrak: Kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah tidak terlepas dari materi pendidikan karakter. Bahkan pendidikan karakter menjadi visi misi kemetrian pendidikan di Indonesia saat ini. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, pemerintah dan lembaga pendidikan berusaha dengan memberikan materi pendidikan karakter pada semua mata pelajaran. Terkhusus mata pelajaran pendidikan agama Islam yang disesuaikan dengan ajaran dalam al-Qur’an. Media pembelajaran yang tepat, diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar materi pendidikan karakter. Makna dari itu, al-Qur'an wajib menjadi dasar materi pendidikan karakter yang disampaikan kepada peserta didik di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tiga aspek utama: (1) pendekatan pendidikan karakter yang berbasis al-Qur'an, (2) model teoritis dari pendidikan karakter yang berbasis al-Qur'an, dan (3) tingkat efektivitas penerapan model pendidikan karakter berbasis al-Qur’an pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Grobogan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diperoleh dari siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Karangrayung dan MI Tarbiyatussibyan Sumberjosari yang berada di Kabupaten Grobogan dengan responden berjumlah 30 siswa, serta dari guru PAI yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan. Guna mengumpulkan data, dipakai beberapa metode, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengisian instrumen. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Grobogan saat ini belum mengimplementasikan modul pendidikan karakter yang berbasis al-Qur'an; (2) Modul pendidikan karakter berbasis al-Qur'an diusulkan sebagai acuan bagi siswa dalam proses belajar pendidikan karakter; dan (3) Penerapan modul pendidikan karakter berbasis al-Qur'an memberikan dampak signifikan pada pembelajaran pendidikan karakter siswa. Modul ini sangat memudahkan siswa dalam mengerti makna dari pendidikan karakter berbasis al-Qur'an serta mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Abstract: Learning activities at Madrasah Ibtidaiyah cannot be separated from character education material. In fact, character education has become the vision and mission of the education ministry in Indonesia today. Therefore, to achieve national education goals, the government and educational institutions are trying to provide character education materials in all subjects. Especially Islamic religious education subjects that are adapted to the teachings in the Koran. It is hoped that appropriate learning media can support the teaching and learning process of character education material. The meaning of this is that the Koran must be the basis for character education material delivered to students at madrasah ibtidaiyah. This research aims to explore three main aspects: (1) the character education approach based on the Koran, (2) the theoretical model of character education based on the Koran, and (3) the level of effectiveness of implementing the character education model based on the Koran. Al-Qur'an to Madrasah Ibtidaiyah students in Grobogan Regency. This study uses a qualitative-descriptive approach. Data was obtained from class IV students at MI Muhammadiyah Karangrayung and MI Tarbiyatussibyan Sumberjosari in Grobogan Regency with 30 students as respondents, as well as from 4 PAI teachers. This research was conducted for 3 months. In order to collect data, several methods were used, namely interviews, observation, documentation and filling out instruments. This research produced the following findings: (1) Madrasah Ibtidaiyah (MI) in Grobogan Regency currently has not implemented a character education module based on the Koran; (2) A character education module based on the Koran is proposed as a reference for students in the character education learning process; and (3) Implementation of a character education module based on the Koran has a significant impact on students' character education learning. This module makes it very easy for students to understand the meaning of character education based on the Koran and apply it in everyday life.


Keywords


Module; Character Education; Al-Qur'an; Madrasah Ibtidaiyah.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Fiandi, A., & Ilmi, D. (2022). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Kontemporer. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 206–218. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i2.999

Hidayati, N., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Muktasim Billah, M. F., Wisudaningsih, E. T., & Diharjo, R. F. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Kemandirian Dan Kepedulian Sosial Santri Di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 91. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9961

Nurwahid, I., & Soleh, N. (2023). Integrasi Sains Dan Islam Pada Sekolah Islam Terpadu Di Indonesia. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 850–865. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.83

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Tambunan, F. (2018). Karakter Kepemimpinan Kristen Sebagai Jawaban Terhadap Krisis Kepemimpinan Masa Kini. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 81–104. https://doi.org/10.54024/illuminate.v1i1.6

Zubaedi, M. A. (2017). Desain Pendidikan Karakter, konsepsi dan aplikasinya. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zeni Alifta, Vidhy Andika Setyaningrum, Teguh Imam Triyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: