Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Construct 2 pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Siti Rochmatul Hidayah, Nurita Primasatya, Ita Kurnia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbantuan aplikasi construct 2 pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maduretno. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan mengacu model ADDIE. Model ini meliputi, analysis adalah kegiatan menganalisis lingkungan sehingga menemukan produk apa yang perlu dikembangkan sesuai kebutuhan, design adalah kegiatan merancang atau membuat kerangka dari produk yang akan dikembangkan, development adalah kegiatan pembuatan produk yang telah dirancang serta menguji produk hasil pengembangan, implementation adalah mengimplementasikan atau menggunakan produk pada objek uji coba, dan evaluation adalah kegiatan mengevaluasi atau menilai setiap tahapan apakah sudah sesuai spesifikasi atau belum. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) multimedia interaktif berbantuan aplikasi construct 2 mendapatkan nilai rata-rata 90,8% dari validator materi dan multimedia, artinya multimedia interaktif yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi; (2) Multimedia interaktif berbantuan aplikasi construct 2 memperoleh respon guru pada uji terbatas 92% dan pada uji luas 94% masuk dalam kategori sangat praktis; dan (3) Multimedia interaktif berbantuan aplikasi construct 2 dinyatakan efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa 89,2 siswa memenuhi KKTP. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbantuan aplikasi construct 2 ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan.

Abstract: This research aims to determine the validity, practicality and effectiveness of interactive multimedia assisted by the construct 2 application on plant body parts material to improve the learning outcomes of class IV students at SDN Maduretno. This research includes research and development referring to the ADDIE model. This model includes, analysis is the activity of analyzing the environment so as to find what products need to be developed according to needs, design is the activity of designing or creating a framework for the product to be developed, development is the activity of making a product that has been designed and testing the resulting product, implementation is implementing or using the product on a trial object, and evaluation is the activity of evaluating or assessing each stage whether it meets specifications or not. The instruments used to collect data are questionnaires and tests. The data analysis technique is descriptive qualitative. The results of this research are (1) interactive multimedia assisted by the construct 2 application received an average score of 90.8% from material and multimedia validators, meaning that the interactive multimedia created is very valid for use without revision; (2) interactive multimedia assisted by the construct 2 application obtained Teacher responses on the limited test were 92% and on the broad test 94% were in the very practical category; and (3) Interactive multimedia assisted by the Construct 2 application was declared effective, obtained from an average student score of 89.2 students who met the KKTP. So it can be concluded that interactive multimedia assisted by the Construct 2 application is very suitable for use in the learning process and can improve learning outcomes for students on plant body parts.


Keywords


Development; Interactive Multimedia; Construct 2 Application.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andreani, D. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Delina Andreani Ganes Gunansyah Abstrak. JPGSD, 11(1) 1841–1854. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54388

Cris, G. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 1(1), 33. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28934

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 10-23. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hidayat, F. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Janata, R., Thyo Priandika, A., & Gunawan, R. D. (2022). Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 286–294. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Jannah, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct Two Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Kelas Iv Sd. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.5

Marhama, Y. (2023). Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Pembelajaran Matematika Berkelanjutan Dalam Paradigma Baru. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22–26. http://repo.undiknsha.ac.id

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rani, N. (2023). Peningkatan hasil belajar IPAS materi transformasi energi melalui model pembelajaran problem based learning pada kelas IV sekolah dasar. 09, 589–590.

Saifudin, muhammad fahmi. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SUMBER ENERGI UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR SISWA SD Article History Keywords Multimedia Interaktif, Multimedia Tutorial, Sumber Energi. Jktp, 3(1), 68–77. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Sukirman, S., Sarwahdi, S., & Handika, A. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengoperasikan Zoom Meeting Dan Mengelola Google Form Untuk Mendukung Proses Dan Evaluasi Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Widya Laksana, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.30001

Thofan, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran animasi. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990

Zulfa, N. A. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 574. https://doi.org/10.29210/30032126000




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Rochmatul Hidayah, Nurita Primasatya, Ita Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: