PEMANFAATAN TEKNIK PEMBELAJARAN CERDAS CERMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT SISWA KELAS IX SMP

Eni Soelistiowati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini memiliki  tujuan untuk mengetahui (1) langkah-langkah penggunaan teknik cerdas cermat, (2) meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran tuturan, dan (3) tanggapan siswa terhadap penggunaan teknik tes untuk meningkatkan ekspresi. Kemampuan berkomentar. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia lisan, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi / evaluasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode observasi, wawancara, angket dan tes. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data langkah-langkah penggunaan teknik tes, sedangkan metode angket dan tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan siswa mengemukakan pendapat dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik tes dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat, dan respon positif diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil survei angket, pada siklus I rata-rata persentase respon siswa klasikal pada siklus I adalah 20,9 (kategori jawaban positif), dan pada siklus II persentase rata-rata respon siswa meningkat menjadi 22,2. Persentase rata-rata kemampuan menyampaikan pendapat siswa juga meningkat dari 65,35 pada siklus I kategori sedang menjadi 80,9 pada siklus II kategori tinggi

Abstract: This study aims to determine (1) the steps for using quiz techniques, (2) to improve the ability to express opinions in speech learning, and (3) the responses of students to the use of test techniques to improve expression. Commenting ability. In learning spoken Indonesian, this research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: stage 1) planning, 2) implementation, 3) observation / evaluation, and 4) reflection. The subjects of this study were 31 students of class IX. Data collection in this study was carried out through the method of observation, interviews, questionnaires, and tests. Observation and interview methods were used to collect data on the steps of using the test technique, while the questionnaire and test methods were used to collect data about students' abilities to express student opinions and responses. The results showed that the use of test techniques in Indonesian language learning could improve the ability to express opinions, and a positive response was given to students. Based on the questionnaire survey results, in cycle I the average percentage of classical student responses in cycle I was 20.9 (positive answer category), and in cycle II the average percentage of student responses increased to 22.2. The average percentage of the ability to convey student opinions also increased from 65.35 in the medium category first cycle to 80.9 in the high category second cycle.

Keywords


Teknik Cerdas Cermat; Kemampuan Mengajukan Pendapat; Respons Siswa

Full Text:

Download [PDF]

References


Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Agustina, C. T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membawakan Model Pembelajaran Bermain Peran Kelas Viii A Smp Negeri 2 Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1–13.

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa smp negeri 4 sipirok kelas vii melalui pendekatan matematika realistik (pmr). Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49

BADRIYAH, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Keden I Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Budiana, I. W. (2013). Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas Viii.3 Smp Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013.

Eva sivana dewi. (2017). Peningkatan kemampuan berbicara dengan metode debat siswa kelas x ma al-aziziyah kapek gunung sari. In universitas mataram fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan pendidikan bahasa dan seni prodi pendidikan bahasa sastra indonesia dan daerah 2017 (Vol. 6).

Fatimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistik Melalui Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester I Sma 15 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 4(April), 1–305.

Gesarina, A. (2019). Peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan metode investigasi kelompok pada siswa SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 453–460.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

HELZA, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Mi Miftahul Falah Bekasi. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Ismiatun, E. (2010). Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan minat belajar pai siswa kelas vii d smp n 2 pandak bantul.

Ks, S., & Sugiyarti, B. W. I. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Bringin Dengan Pembelajaran Saintifik Berbasis Media Massa. Jurnal Unimus, 2(1), 118–141.

Mustaqima. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Dengan Menggunakan Media Gambar Ips Materi Peran Dan Kedudukan Anggota Keluarga Kelas Ii Semester Ii Mi Darul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. In Oleh : Mustaqimah NIM 123911298 Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 2015 (Vol. 23).

Nafisah, I. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Keluarga (Studi Kasus Orang Tua Siswa Sekolah Dasar). Naskah Publikasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–72.

RIDUANSYAH. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Strategi Pembelajaran Metode Bermain Peran (Role Playing) (Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII IPS SMA NEGERI 2 BANJARMASIN). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Siregar, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi, 1–13.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sulasteri. (2011). Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Kelas IV B SD Negeri 1 Natar. In Laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Meningkatkan. Retrieved from http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Muñoz_Zapata_Adriana_Patricia_Artículo_2011.pdf

Tarmizi. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Teknik Pemodelan di Kelas VIIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.

Tri Suryanti, A. M. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Point Bagi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Mojo Kecamatan Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010.

Yusuf, Y., & Ulumul, J. (1992). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Swasta Xaverius Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/2016.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: