Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia: Studi Kebijakan, Metode Pembelajaran, dan Integrasi Teknologi

Husnul Buairi, Mila Kamalasari, Muhammad Muhammad

Abstract


Abstract: The Islamic Religious Education (PAI) curriculum has changed, along with the development of science and technology. These changes are important to study so that the PAI education system remains relevant to the challenges of the times. Therefore, this study analyzes the development of the Islamic Religious Education (PAI) curriculum in Indonesia with a focus on policies, learning methods, and technology integration. Changes in the PAI curriculum are influenced by the dynamics of social, political, and technological developments that continue to develop. This study examines education policies from various periods, from the 1947 Curriculum to the Merdeka Curriculum, to understand how regulations and approaches to teaching PAI have transformed. In addition, this study discusses the learning methods used in teaching PAI, including conventional approaches to innovative methods based on digital technology. The integration of technology in PAI learning is an important aspect to study, especially in the context of the digitalization of education and the challenges of the Industrial Revolution modern era. The results of the study show that the development of the PAI curriculum in Indonesia has undergone significant changes leading to a more inclusive, contextual, and technology-based approach. With policies that support innovation in learning, the use of adaptive methods, and the use of digital technology, the PAI curriculum is expected to increase the effectiveness of learning and the relevance of religious education in the modern era.

Abstrak: Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) mengalami perubahan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan ini penting untuk dikaji agar sistem pendidikan PAI tetap relevan dengan tantangan zaman. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis perkembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia dengan fokus pada kebijakan, metode pembelajaran, dan integrasi teknologi. Perubahan kurikulum PAI dipengaruhi oleh dinamika sosial, politik, dan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Studi ini mengkaji kebijakan pendidikan dari berbagai periode, mulai dari Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka, untuk memahami bagaimana regulasi dan pendekatan dalam pengajaran PAI mengalami transformasi. Selain itu, penelitian ini membahas metode pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran PAI, termasuk pendekatan konvensional hingga metode inovatif berbasis teknologi digital. Integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI menjadi aspek penting yang dikaji, terutama dalam konteks digitalisasi pendidikan dan tantangan era Revolusi Industri modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kurikulum PAI di Indonesia mengalami perubahan signifikan yang mengarah pada pendekatan yang lebih inklusif, kontekstual, dan berbasis teknologi. Dengan adanya kebijakan yang mendukung inovasi dalam pembelajaran, penggunaan metode yang adaptif, serta pemanfaatan teknologi digital, kurikulum PAI diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan relevansi pendidikan agama di era modern.

 


Keywords


PAI Curriculum; Education policy; Learning methods; Technology integration; Digitization of education.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Azzahra, A. L., Kholwa, A., Fikri, H. Al, & ... (2022). Analisis Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Dari KTSP 2006 Menjadi Kurikulum Merdeka. … Studi Pendidikan Islam, 19(2), 119–130. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/1271

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383

Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78

Fachri, M. (2014). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa. At-Turas, 1(1), 131–168.

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Nur Ika Trisnawati, S., Praptiningsih, Mp., ProfDrHZulkifli, Mp., DrTuti Khairani Harahap, Mp., Anja Natalia Putri, Ms., Nuri Ramadhan, Sp., & Siti Nur Hidayati, Mp. (2020). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Pendidikan Di Indonesia. Tahta Media Group, 1–44.

Nurcholis, A. (2019). Evaluasi Kurikurulum Bahasa Arab Di MAN 1 Trenggalek. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5 No. 1(Januari-Juni), 54–70.

Putri, N. (2024). Revolusi Teknologi Dalam Pendidikan Islam Di Zaman Globalisasi. 8, 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Rachman, F. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta`Limul Muta`Allim Karya Imam Az-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Kurikulum 2013. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia .

Rizki, M. F. F., Zamzani, P. N., & Fahreza, M. (2024). Analisis Kebijakan Kurikulum Madrasah dan Madrasah Diniyah di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 809–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3150

Roro, R., Ayu, W., Agus, H., & Bekasi, S. (2025). Transfigurasi Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Transfiguration of the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Islamic Religious Education ( PAI ) Learning at SMPIT Hara. 76-78.

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yokualitas Belajar Siswa Dalam Sistem Boarding School Smp Islam Raden Paku Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327.

Syarifuddin. (2017). Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Harapan Bunda Banjarmasin. Mu’adalah: Jurnal Studi Gender Dan Anak, IV(1), 75–92. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/muadalah/article/view/2590

Triyuni, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 17 Sungai Puguk Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2023 / 2204. 2(10), 1537–1545.

Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1556

Ummah, M. S. (2019). Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Wildan Thobibi Bahja, A., Mas, A., Azizah, K., Amin, N., & Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, U. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah. Dinamika, 8(1), 74–93. https://doi.org/10.4108/eai.27-10-

Zaini Miftach. (2018). Kebudayaan dan Kelompok Keagamaan Islam: Budaya Sunda sebagai Faktor Perekat Ormas Islam Muhammadiyah, Persis, dan NU di Kabupaten Garut. 53–54.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.29875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Husnul Buairi, Mila Kamalasari, Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: