Implementasi Falsafah Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Dewi Azizatul Kholqiyah, Seanita Febriana Angelica, Dian Khoiriyani Putri, Nina Oktarina, Joko Widodo

Abstract


Abstract: The quality of human resources can be improved through character education, one of the efforts that have been made in instilling character education is by integrating character values into the curriculum. The importance of character education is also emphasized by the Father of Indonesian Education Ki Hajar Dewantara, the application of the main values in one of Ki Hajar Dewantara's philosophies, namely ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, and its relevance in shaping the character of students through learning policies and practices implemented in the 2013 curriculum and the independent curriculum, this study uses a systematic literature review. The results showed that the two curricula provide different strengthening of character education but cannot be separated from the philosophical values of Ki Hajar Dewantara. In the 2013 Curriculum, strengthening character education is implemented through thematic, scientific approaches, as well as self-development and extracurricular activities and the Merdeka Curriculum continues and strengthens this approach through the development of the Pancasila Student Profile.

Abstrak: Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui pendidikan karakter, salah satu upaya yang telah dilakukan dalam menanamkan pendidikan karakter adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum. Pentingnya pendidikan karakter juga ditegaskan oleh Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, penerapan nilai-nilai utama dalam salah satu falsafah Ki Hajar Dewantara, yakni ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, serta relevansinya dalam membentuk karakter peserta didik melalui kebijakan dan praktik pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, penelitian ini menggunakan systematic literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kedua kurikulum tersebut memberikan penguatan pendidikan karakter yang berbeda namun tidak lepas dari nilai-nilai falsafah dari Ki Hajar Dewantara. Dalam Kurikulum 2013, penguatan pendidikan karakter diimplementasikan melalui pendekatan tematik, saintifik, serta kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler dan Kurikulum Merdeka melanjutkan dan memperkuat pendekatan ini melalui pengembangan Profil Pelajar Pancasila.


Keywords


The philosophy of Ki Hajar Dewantara; Merdeka Curriculum; 2013 Curriculum; Character Education.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adla, S. R., & Maulida, S. T. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262–270.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2023). Pendampingan Persiapan dan Pelaksanaan Kurikulum Prototipe di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(1), 223–243. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i1.1118

Febriyanti, N. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 96. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2306

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692.

Firmansyah, F., & Iksan, A. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Diri Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 101–112.

Fuad, F. Q. A., Lailiyah, S. B., Wahyono, A. A., & Ahid, N. (2023). Analisis Dan Perbandingan Kurikulum Indonesia Abad Ke – 20. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 6(3), 1–8. https://doi.org/10.32764/joems.v6i3.938

Habsy, B. A., Azka, W., Najwa, S., & Putra, A. A. (2024). Pendidikan Karakter : Sebuah Kajian Literatur. 1.

Hamzah, H., Hamzah, M. I., & Zulkifli, H. (2022). Systematic Literature Review on the Elements of Metacognition-Based Higher Order Thinking Skills (HOTS) Teaching and Learning Modules. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/https://doi.org/https:/doi.org/10.3390/su14020813

Harini, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 1 Sewon Bantul. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.

Irawan, H., Masyitoh, I. S., Rahmat, R., Darmawan, C., Anggraeni, L., & Pradanna, S. A. (2024). Inovasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(1), 84. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.23303

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493

Juliani, Sutia, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(02), 1–10.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 19–26.

Kurnia, H., & Widayanti, F. K. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Kepanduan Hizbul Wathon Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 11(01), 75–86. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i01.318

Kurniati, S. (2022). Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Implementasi bagi Pendidikan Karakter dalam Merdeka Belajar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1), 60–74.

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: explanation and elaboration. https://doi.org/10.1136/bmj.b2700

Lusa, H. (2015). Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Quantum Teaching Tandur Dan Media Audio Visual. Attadib: Journal of Elementary Education, I(1), 71–86.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.

Mokorowu, N. T., Katuuk, D. A., Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314

Nisak, A., & Yuliastuti, R. (2022). Profil Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 1 Palang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2), 61–66. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527

Norjanah, H., & Agustina, L. (2025). Paradigma Ki Hajar Dewantara Terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Psikososial Dan Pendidikan Psikosospen, 1(1), 14–32.

Noval, S. F., & Adi, K. R. (2024). Pelajar Pancasila Di SMP Laboratorium UM. 4(5). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i11.2024.5

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat(2020-2021), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris: Suatu Kajian Bandingan. Sinastra: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1(1), 373–382.

Nurhayati, N., Angelina Br T, N., Alamsyah, N., & Razali, I. A. (2024). Pengaruh Nilai Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 31 Medan. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 371–377. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.2984

Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi Pendidikan: Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada 3 SMA Penggerak di Jawa Tengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 69–86.

Pangkey, R. D. H., & Sarudi, R. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 6(4), 22104–22113. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6331

Radjilun, M. S., & Abas, H. T. (2023). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Penguatannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 733–740.

Saefurridjal, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Dasar Filosofis Dalam Perumusan Tujuan Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 332–336. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4600

Sape, S. I. (2019). Pengaruh Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 59 Surabaya. Universitas pgri adi buana surabaya.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(July), 1–23.

Shohibah, L. N., & Akhwani. (2022). Implementasi Islam dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Islamika, 4(2), 187–206. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i2.1746

Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 96–203.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Wahyudi, M. F., & Dewi, R. A. (2023). Perbandingan Konsep Pembelajaran PAI berdasarkan Kurikulum KBK, K13 dan MBKM. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i1.318

Wardhana, I. P., S, L. A., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep Pendidikan Taman Siswa Sebagai Merdeka Belajar Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Implemantasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, 232–242.

Wongkar, N. V., & Herdi Pangkey, R. D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter: Strategi Meningkatkan Kualitas Siswa di Era Modern. Journal on Education, 6(4), 22008–22017. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6322

Wulandari, T. (2021). Pengaruh Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum 2013 di Indonesia. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 24–33. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3413

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zuriatin, Nurhasanah, & Nurlaila. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i1.442




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.30460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Azizatul Kholqiyah, Seanita Febriana Angelica, Dian Khoiriyani Putri, Nina Oktarina, Joko Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: