Implementasi Flashcard Motion-Based dalam PAI untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif Peduli Lingkungan pada Siswa ABK
Abstract
Abstract: Islamic Religious Education aims to shape students' character, including fostering environmental care attitudes, yet traditional methods are often less effective for students with special needs (ABK) who require tailored approaches. This study evaluates the implementation of motion-based flashcards in Islamic Religious Education to enhance the affective abilities of ABK students concerning environmental care. Employing a literature review method, data were systematically collected from books, journals, and scholarly articles, focusing on Krathwohl’s affective domain theory, Gardner’s Multiple Intelligences theory, characteristics of ABK, and the effectiveness of flashcard media. Data collection utilized a literature review checklist to record key information and a data categorization matrix to organize findings, with inclusion criteria encompassing relevance, recency (published within the last 10 years, except for classical theories), and source credibility, while excluding irrelevant or less credible literature. Data were analyzed using a qualitative-descriptive approach. Findings indicate that motion-based flashcards enhance motivation and internalization of environmental care values among ABK students, despite challenges such as varying motor skills and limited facilities. With adaptations, motion-based flashcards hold potential as an effective inclusive strategy in Islamic Religious Education.
Abstrak: Pendidikan Agama Islam bertujuan membentuk karakter siswa, termasuk sikap peduli lingkungan, namun metode tradisional kurang efektif bagi siswa berkebutuhan khusus (ABK) yang memerlukan pendekatan khusus. Penelitian ini mengevaluasi implementasi flashcard motion-based dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan afektif siswa ABK terkait peduli lingkungan. Menggunakan metode studi pustaka, data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel, dengan fokus pada teori ranah afektif Krathwohl, teori Multiple Intelligences Gardner, karakteristik ABK, dan efektivitas flashcard. Pengumpulan data dilakukan sistematis menggunakan lembar telaah pustaka dan matriks pencatatan, dengan kriteria inklusi berupa relevansi, aktualitas (10 tahun terakhir, kecuali teori klasik), dan kredibilitas sumber, serta eksklusi untuk literatur tidak relevan. Data dianalisis secara kualitatif-deskriptif. Hasil menunjukkan flashcard motion-based meningkatkan motivasi dan internalisasi nilai peduli lingkungan, meskipun tantangan seperti variasi kemampuan motorik dan keterbatasan fasilitas menghambat. Dengan adaptasi, flashcard motion-based berpotensi menjadi strategi inklusif efektif dalam PAI.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1001. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3564
Ahmad, S. F. Z., Mahmud, A. N., & Tuasikal, J. M. S. (2023). Analisis Kebutuhan Bagi Anak Tuna Grahita Di Lingkungan Pendidikan. Superior Education Journal, 1(2), 60.
Arditiya, A., Amalia, P. A., Hidayat, A., & Azizah, A. (2024). Integrasi Pembelajaran Bahasa dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Samarinda (Kajian Multiple Intelegence Berperspektif Nilai Humanisme Pedagogik). ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(1), 139. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v7i1.3796
Asdaningsih, F. H., & Erviana, V. Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SD Negeri Wirosaban. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.4916
Astuti, E. (2022). Gerakan Literasi Sekolah untuk Menumbuhkan Nilai Budi Pekerti Anak. 6(2), 22.
Aulia, K. (2021). Pengembangan Media Flashcard pada Materi Sistem Ekskresi. Irawan Massie.
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1115. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Cahayaningsih, I., K, K., & Kamal, Moh. (2022). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 104–105. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3015
Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Hadi, F. R. (2023). Media Edu-Specials Kids: Media Pembelajaran Adaptif Sekolah Inklusi. Cv. Ae Media Grafika.
Eva, E., Yosro, N., Ristianti, D. H., Kusen, K., & Fathurrochman, I. (2020). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1382
Fardani, F., & Sayatman, S. (2020). Perancangan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses Belajar Kognitif pada Anak Autis di SLB. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(1), 11. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i1.51618
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 110. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2019). Implementasi Treatment and Education of Autistic and Realted Communicationhandicapped Children (TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 4. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p57-61
Hadi, S. (2020). Studi Aspek Afektif pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 122. https://doi.org/10.21093/twt.v7i3.2547
Hakim, L., Wulandasri, M. D., & Darsinah, D. (2022). Pola Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Yang Bersekolah Di Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), Article 11. https://doi.org/10.5281/zenodo.6852641
Hardiyono, B., Taroreh, B. S., Kesumawati, S. A., Fikri, A., Sukmawati, N., Martinus, M., & Vrananda, A. V. (2023). Sosialisasi Penjas Adaptif Melalui Permainan Edukatif Scooter Board di SDLB YPAC Palembang. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 49–57. https://doi.org/10.53863/abdibaraya.v2i02.885
Harefa, D., Harefa, S. E., & Herlina, E. S. (2023). Tantangan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pendidikan Inklusif di Semua Tingkatan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11267.
Hasanah, U. (2021). Sistem Pembelajaran Daring Dengan Penilaian Afektif Menggunakan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 68. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30736
Hikmah, B. (2024). Pembelajaran Aksesibilitas Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JIE (Journal of Islamic Education), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.52615/jie.v9i1.333
Ikhsan, M. A. (2025). Media Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Teknologi di MI Al-Irsyad Kota Madiun. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 56. https://doi.org/10.30599/gzgfy913
Iswati, I., & Rohaningsih, C. (2021). Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 87. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1093
Jamin, N. S. (2020). Pengembangan afektif anak usia dini. CV Jejak (Jejak Publisher).
Kesti Anggreani, Nur Ahsana Tafsira, Trisna Febriyani, & Elsha Syafitri. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Strategi Efektif. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.355
Kustanti, C., & Widyarani, L. (2022). Pengaruh Media Flashcard tergadap Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir pada Orangtua dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Keperawatan, 8(1), 97. https://doi.org/10.32660/jpk.v8i1.594
Maulidi, S. M. R., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Kesadaran Orang Tua Terhadap Anak Penyandang Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(2), 161. https://doi.org/10.38048/jpicb.v2i2.3880
Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 575. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 167. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nursita, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif pada Anak dengan Autisme di Pendidikan Anak Usia Dini. al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.11
Nuur, M., Nurdin, N., & Adam, A. (2022). Analisis Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Peserta Didik yang Buta Aksara Arab di MTs. Alkhairaat Pandere Kec.Gumbasa Kab. Sigi. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), Article 1.
Pasaribu, M., & Mukhrimah, N. A. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah. Journal on Teacher Education, 4(2), 1197. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9891
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 27. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Prameswati, L. N. (2019). Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa MTs dalam Perspektif Taksonomi Bloom. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 72. https://doi.org/10.30762/ed.v3i2.1736
Pratika, P., Riyanto, B., & Widiyowati, E. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Membentuk Rasa Percaya Diri di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah Colomadu. Solidaritas: Jurnal Ilmu Sosial, 7(2).
Putra, H. P., & Dewantoro, M. H. (2022). Penerapan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/jiik.v12i2.18709
Putra, R. P. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 22. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1590
Riswanto, A., Joko, J., Boari, Y., Taufik, M. Z., Kabanga’, T., Irianto, I., Farid, A., Yusuf, A., Hina, H. B., Kurniati, Y., Karuru, P., Sa’dianoor, S., Ayunda, N., Irmawati, I., & Ifadah, E. (2023). Metodologi Penelitian Ilmiah: Panduan Praktis Untuk Penelitian Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Idhayanti, R. (2018). Media Gambar Flashcard dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi Daerah: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kota Magelang, 1(2), 88–89. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.19
Rosyadi, A. S., Suharto, V. T., & Waraulia, A. M. (2022). Strategi Pengenalan Bahasa Ekspresif pada Anak Berkebutuhan Khusus di TK Inklusi Ngabar dengan Media Flash Card. Sambhasana: Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 1(1), 60.
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
Sari, R. R., Priandini, A. L., & Fuzianto, M. A. A. (2021). Penggunaan Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), Article 1.
Sholeh, S. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 213. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203
Sihabuddin,+9661-Article+Text-27700-1-2-20230824. (n.d.).
Sira, N. F., R, M. A., & Sudirman, S. (2024). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa di SLB Negeri 1 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), Article 2.
Stefani, F. D., & Samsiyah, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Mengenal Kata untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(2), 104. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.2973
Sukmanasa, E., Mulyawati, Y., Maesya, A., Fergiawan, Y. A., & Miranti, A. (2025). Mengasah Talenta Anak Berkebutuhan Khusus: Optimalisasi Potensi Dengan Game Dan Alat Edukasi (Genta) Berbasis Cerita Kampung Halaman. Deepublish.
Supriyaddin, Budiman, Rahman, A., & Hasan. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash Card untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 59. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.432
Ummah, R., Safara, N. S. T., Kurnilasari, A. R. U., Dimas’udah, H. R., & Sukma, V. A. M. (2023). Tantangan Atau Hambatan Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), Article 1.
Utami, N. T. (2023). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Flashcard. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(01), 45. https://doi.org/10.46963/mash.v6i01.692
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Yunita, S. P. (2023). Strategy for Implementing Flash Card Media in Improving Early Childhood Language Skills: Analysis of Supporting Factors and Barriers. Idris: InDonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 223.
Zuhdi, S. H., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus di SLB PGRI 01 Kamal. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 228. https://doi.org/doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.655
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.30584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Laila Novitasari, Irma Soraya, Mohammad Kurjum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: