Membangun Penalaran Al-Quran dalam Pendidikan: Kajian Konsep Ru'yah, Nazhor, dan Tafakur sebagai Strategi Pembelajaran

Ahmad Salamuddin, Aam Abdussalam

Abstract


The Qur'an serves not only as a source of faith but also as a comprehensive guide for human reasoning and reflection. Recognizing this, Islamic education must integrate Qur'anic paradigms of thinking into its pedagogical approaches. This study aims to analyze the practical concepts of ru'yah, nazhor and tafakur as operational frameworks for reasoning found in the Qur'an, and to explore their implications for learning strategies. Employing a qualitative approach through library research and content analysis, this study identifies and interprets key Qur'anic terms related to cognitive processes. The findings reveal that these concepts promote empirical observation, scientific reflection, and intellectual contemplation, which can be strategically incorporated into PAI to foster critical, spiritual, and balanced learners. Integrating Qur'anic reasoning into educational strategies offers a transformative potential for Islamic education, aligning rational inquiry with spiritual growth.


Al-Qur'an tidak hanya berfungsi sebagai sumber keimanan, tetapi juga sebagai panduan komprehensif bagi penalaran dan refleksi manusia. Menyadari hal ini, pendidikan Islam harus mengintegrasikan paradigma berpikir Al-Qur'an ke dalam pendekatan pedagogisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep praktis ru'yah, nazhor, dan tafakur sebagai kerangka operasional untuk penalaran yang ditemukan dalam Al-Qur'an, dan untuk mengeksplorasi implikasinya terhadap strategi pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui penelitian kepustakaan dan analisis konten, penelitian ini mengidentifikasi dan menafsirkan istilah-istilah utama Al-Qur'an yang terkait dengan proses kognitif. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep-konsep ini mendorong pengamatan empiris, refleksi ilmiah, dan kontemplasi intelektual, yang dapat secara strategis dimasukkan ke dalam PAI untuk menumbuhkan pembelajar yang kritis, spiritual, dan seimbang. Mengintegrasikan penalaran Al-Qur'an ke dalam strategi pendidikan menawarkan potensi transformatif bagi pendidikan, menyelaraskan penyelidikan rasional dengan pertumbuhan spiritual.


Keywords


Islamic Education Learning Strategies Qur’anic Learning

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidin, A. M. (2017). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225–230. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

al-Baqi, F. A. (1364). Al-Mu’jam al-Mufahras Lil-Alfadz Al-Qur’an al-Karim. Dar al-Hadis.

Enghariano, D. A. (2019). Tafakkur dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal El-Qanuny, 05(01), 134–149.

Fenti, H. (2020). Metodologi Penelitian (VI). Raja Grafindo.

Gustian, Y. T., Rahmat, Z. H., & Gusmaneli, G. (2025). Peran Strategi Pembelajaran Reflektif dalam Menumbuhkan Kesadaran Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Dirgantara, 2(2), 54–68.

Herawati, A., Ningrum, U. D., & Sari, H. P. (2024). Wahyu Sebagai Sumber Utama Kebenaran Dalam Pendidikan Islam: Kajian Kritis Terhadap Implementasinya di Era Modern. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 109–126. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.229

Hidayat, T., Abdussalam, A., & Fahrudin, F. (2016). Konsep Berpikir (Al-Fikr) Dalam Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI di Sekolah (Studi tematik tentang ayat-ayat yang mengandung term al-Fikr). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3455

Kaltsum, L. U. (2018). Al-Qur’an dan Epistimologi Pengetahuan: Makna Semantik Kata Ra’a, Nazhor dan Basar Dalam Al-Qur’an. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 03(01), 37–47.

Kemenag, R. I. (2025). Tafsir Surah Az-Zumar ayat 21. https://quranweb.id/39/21/

Muhammad, bin A. (2003). Tafsir Ibnu Katsir (3rd ed.). Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Najib, Aan. (2023). Konsep Pendidikan Oslam Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tarbawy) (1st ed.). Pena Cendekia Pustaka.

Rohmatic, Z. A., Pijar, K. A., Mumtazah, M. N., & Al-faruqi, M. Z. (2025). Integrasi Tafsir Tarbawi dan Sains Dalam Mewujudkan Lingkungan Pendidikan yang Islami dan Berkelanjutan. NAWASENA: Journal of Mathematics, Science, and Technnology Education, 1(2), 15–22.

Rusli, L. B. (2019). Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an (Analisis terhadap ayat ayat Tarbawi). Inspiratif Pendidikan, 8(1), 231–238. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7889

Sabry, M. S. R. M. D. (2018). Wawasan Al-Qur’an Tentang Hoaks (Suatu Kajian Tafsir Tematik). TAFSERE, 6(2), 41–67.

Shihab, M. Quraish. (2012). Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati.

Shufiyah, F. Z. Ash., & Noviyanti, D. Vita. (2024). Dwi Tafsir Saintifik di Pulau Jawa: Kajian Tafsir Salman ITB dan Tafsir Kemenag RI. Javano Islamicus, 2(1), 153–180. https://doi.org/10.15642/Javano.2024.2.1.153-180

surahquran. (2024). Tafsir surat Az-Zumar ayat 21. surahquran.com.

Thalib, Muh. D. (2021). Metode Pembelajaran Menurut Al-Qur’an. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 109–110. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/1961

Wachidah, N. R., & Habibie, M. L. H. (2021). Kecerdasan Spritual dan Emosional dalam Pendidikan Tahfizd Al-Qur’an. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 65–99. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.65-99

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Salamuddin, Aam Abdussalam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: