Integrasi Pendekatan STEM dalam Pengembangan Modul Materi Fungsi

Syailla Afifah, Kristayulita Kristayulita, Parhaini Andriani

Abstract


Abstract: This study aims to develop a STEM-based mathematics learning module on linear functions that meets the criteria of validity, practicality, and effectiveness. The purpose of the module development is to improve the efficiency and effectiveness of learning in schools in terms of time, cost, facilities, and human resources. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The trial was conducted at an MTsN, involving 6 students in a small group trial, 20 eighth-grade students in a field test, and 1 teacher. Validation was carried out by a subject matter expert and a media expert. The research instruments included validation sheets, response questionnaires, and tests. The validation results indicated a very high level of validity, the practicality was categorized as practical to very practical, and the effectiveness of the module was shown by an N-Gain score of 0.91 (high category). This module differs from conventional ones by fully integrating the STEM approach and presenting linear function material in an interactive and applicable context. Its strengths lie in its flexibility as self-instructional material, ease of use for teachers, and its ability to enhance learning effectiveness.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis STEM pada materi fungsi linear yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul ini dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep fungsi dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran yang kontekstual dan interdisipliner. Keunggulan modul ini terletak pada penerapan pendekatan STEM yang terintegrasi dengan penyajian materi fungsi linear dalam bentuk yang aplikatif, interaktif, dan relevan dengan kehidupan nyata. Keunggulannya terletak pada fleksibilitas sebagai bahan ajar mandiri, kemudahan bagi guru, dan peningkatan efektivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba dilakukan di MTsN dengan melibatkan 6 siswa (kelompok kecil), 20 siswa kelas VIII (uji lapangan), dan 1 guru. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respons, dan tes. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan sangat tinggi, kepraktisan tergolong praktis hingga sangat praktis, dan efektivitas modul ditunjukkan dengan skor N-gain sebesar 0,91 (kategori tinggi).


Keywords


Modulle; STEM Education; Fungsi Linear.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aini, K. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (Steam) Pada Materi Trigonometri Untuk Tingkat Sma/Sederajat, (Skripsi, FTK, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember, 2023).

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Angraini, F., Walid, A., Ansyah, E., Ikhsan, A., & Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, U. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan HOTS di SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 33–40. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id

Anisa, I. S., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sd/Mi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 224–233. https://doi.org/10.24176/re.v12i2.6840

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Elfita, R., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal pendidikan umum, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476

Febriyanti, E., Indrawati, Supeno, Sutarto, & Mahardika., I. K. (2014). The Effectiveness Of The Module-Based STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) To Study Physics At Vocational High School. 6(5), 1367–1370. https://doi.org/10.21474/IJAR01/7168

Gayatri, M. A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Barisan Dan Deret Dengan Model RBL– STEM Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Komputasional, (Skripsi, FTK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta).

Irmawati, I., Syahmani, S., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ dan Organisme Berbasis STEM-Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains. 1(2), 64. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4048

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (PT Bumi Ak).

Laisnima, L., & Siregar, T. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta didik pada Materi Redoks dan Sel Elektrolis. jurnal Ilmu pendidikan indonesia, 8(2).Hal 84

Mabruroh, P. H. N. (2021). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP, (Skripsi, FST UIN Walisongo Semarang, Semarang).

Marta, Y. M. V., & Ramli. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Pendekatan STEM. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 5(2), 95–101. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.918

Maulana, R. (2023). Pengembangan Modul Kimia Berbasis STEM Pada Materi Minyak Bumi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, (Skripsi, FKIP Universitas Mataram, Mataram).

Millania, A. N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis STEM dengan Model PBL untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–131.

Mustafa, A. S., Arsyad, M., & Helmi. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Seminar Nasional Fisika, 3, 20–23.

Nisrokha. (2015). Teknik mengembangkan modul mata kuliah sejarah pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah, 2(1), 296–308.

Nofita Putri, R., Hariyadi, S., & Mudakir, I. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioshell, 12(2), 111–119. https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2198

Nurlatifah, S. S., Triwoelandari, R., & Arif, S. (2023). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Karakter Dan Rasa Ingin Tahu. 8(1). Hal 17

Octavia, M. salsabila putri, Aristya, P. D. P., & Ridlo, Z. R. (2024). Pengembangan Modul IPA Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMP. 14(1), 289–297.

Puspitasari, E., Dwi Aristya Putra, P., & Handayani, R. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 44–52. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.465

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). implementation STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014.

Rohimah, Si. (2019). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Kelas X SMK Negeri 2 Jambi, (Skripsi, FKIP Universitas Batangharji Jambi, Jambi).

Saragih, P. P., & Tanjung, I. F. (2023). Development of STEM-Based Environmental Change Module to Enhance Environmental Literacy. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(1), 89–98. https://doi.org/10.24042/biosfer.v14i1.17884

Septiadevana, R., & Abdullah, N. (2024). Developing STEM project-based learning module for primary school teachers: a need analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(4), 2585–2593. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.28894

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas peserta didik dalam desain One Group Pretest-Posttest. Surya Cahya.

Wongso, R. P. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII smp/mts, (Skripsi, FTK UIN Mataram, Mataram).

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 246–255. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2182




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Syailla Afifah, Kristayulita, Parhaini Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: