Analysis of School Innovation Program at SDN 23 Ampenan

Khairil Anwar, Auliya Khaerun Nisya, Al Fina Dwi Jayanti, Febrianti Zahrani, Rangga Adriansah, Siti Bulandari, Hatika Sari, Hilda Raodatul Jannah, M. Adi Ilham

Abstract


Abstract: This article aims to analyze the implementation of school programs that occur at SDN 23 Ampenan. This research is important because school innovation programs are the main indicator of education quality. This type of research is descriptive qualitative, with data collection instruments in the form of observation sheets, open questionnaires, and field notes developed based on indicators of the implementation of the school's superior programs. The data collection method was carried out by means of a survey through the school environment introduction program (PLP-1). The data analysis technique used is qualitative analysis with the steps of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This article shows that the innovation program that was carried out can be implemented very well, the challenges faced during its implementation were the uncertain weather conditions that affected the school program implemented outside the classroom. The school programs of SDN 23 Ampenan have a positive impact on the quality of learning and character of students so that they can improve the quality of education at SDN 23 Ampenan.

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program-program persekolahan yang terjadi di SDN 23 Ampenan. Penelitian ini penting dilakukan karena program inovasi persekolahan menjadi indikator utama mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket terbuka, dan catatan lapangan yang dikembangkan berdasarkan indikator pelaksanaan program unggulan sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survei melalui kegiatan program pengenalan lingkungan persekolahan (PLP-1). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Artikel ini menunjukkan bahwa program inovasi yang dilakukan dapat diterapkan dengan sangat baik, tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya yaitu adanya kondisi cuaca yang tidak menentu yang mempengaruhi program sekolah yang dilaksanakan di luar kelas. Program-program sekolah SDN 23 Ampenan memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan karakter peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 23 Ampenan.

 


Keywords


School programs; Surveys; Teaching and learning activities.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Apriani, I. F., Saputra, E. R., Putri, A. R., Insani, A. M., & Syaripah, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Mendesain Local Instruction Theory untuk Mendukung Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. DEDIKASI: Community Service Reports, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.79530

Di, M., & Dasar, S. (2024). Proses Penerapan Inovasi Pendidikan Dalam konteks Kurikulum. 3, 866–871.

Anwar, K., Lukman, Utami, L. S, Isnaini, Islahudin, Zulkarnain, Fatimah, Sirajudin. (2023). Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Penulisan Rumus Fisika, Matematika, dan Kimia Berbasis Ms. Word, pdf. 7, 1061–1065.

Fransyaigu, R., Aprilia, R., Mahyuny, S. R., & Maisarah, M. (2024). Inovasi Instrumen Penilaian Digital untuk Meningkatkan Digital Skill Guru Sekolah Dasar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 36. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9907

Heriman, M., Dede Atung, Endang Sutisna, Nia Nurhayati, & Ika Kartika. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad ke-21: Perspektif dan Tantangan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 322–340. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.1709

Hevitria, Maulana, S. A., & Nurwandi. (2024). Implementasi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I, Minat Menagajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(1), 69–74. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.69-74

Islahudin, I., Isnaini, M., Utami, L. S., Anwar, K., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2021). Pendampingan Praktikum Virtual Laboratorium Berbasis Software Live Wire Bagi Guru Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 508. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.5420

Kajian, J., Nomor, V., Purnama, I., Harefa, P., Titi, S., Hulu, L., … Tangerang, K. (2024). Mengintegrasikan Teknologi dalam Perencanaan Pembelajaran : Meningkatkan Minat dan Prestasi Hasil Belajar pembelajaran berbasis teknologi , seperti penggunaan perangkat lunak pendidikan , aplikasi. 2.

Khodijah, N., Patras, Y. E., & Julaeha, S. (2024). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Keinovatifan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 114–129. Retrieved from https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3264

Maulidah, N., Sapriya, S., & Supriatna, N. (2023). Desain Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran IPS SD Untuk Menstimulasikan Kebiasaan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 337. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.72516

Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018–22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323

Nathaniela, H., & Esfandiari. Nadya Saphira. (2023). Pengaruh Penggunaaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 1–6.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Soedirman, U. J., Universitas, R., & Soedirman, J. (2021). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. 635292(0281).

Prihatini, E. T., & Bahari, Y. (2024). Peran Guru dalam Proses Difusi Inovasi Pendidikan : Studi tentang Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Profesional. 07(01), 6951–6956.

Ruswandi, N., Senddy, Y., & Nursita, I. (2021). Susunan Pengelola Jurnal Elkomika. (1). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Herman-Harja/publication/350794448_Evaluasi_Kinerja_Efisiensi_Energi_Mesin_Bubut_Melalui_Penilaian_Indikasi_Specific_Energy_Consumption/links/60780915881fa114b402d892/Evaluasi-Kinerja-Efisiensi-Energi-Mesin-Bubut-Melal

Uchihah, R. (2022). Reformasi Kurikulum Pendidikan. Https://Www.Academia.Edu/, 2(1), 1–41. Retrieved from https://www.academia.edu/5001977/REFORMASI_KURIKULUM_PENDIDIKAN_Oleh_Herdi_Saputra

Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Isnaini, M., Anwar, K., & Islahudin, I. (2023). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Site Guna Menunjang Penguasaan Tik Guru Di Mas Nurul Jannah Ampenan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1435. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15837

Zulkarnain, Z., Utami, L. S., Isnaini, M., Sabaryati, J., Anwar, K., & Ramadhan, M. F. (2023). Penguatan Literasi Elektronik Siswa Melalui Pelatihan Kodifikasi Elektronik Tanaman Berbasis QR Code Di SMKN 1 Narmada. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 572–582. https://doi.org/10.36312/linov.v8i3.1440




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khairil Anwar, Auliya Khaerun Nisya, Al Fina Dwi Jayanti, Febrianti Zahrani, Rangga Adriansah, Siti Bulandari, Hatika Sari7,Hilda Raodatul Jannah, M. Adi Ilham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: